Kejurnas PSSI 1978

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PSSI 1978 => Tingkat Nasional

(5 Januari 1978 s.d. 28 Januari 1978)

Pool A (Di Stadion Gelora 10 November, Surabaya)

Kamis, 5 Januari 1978:

Persipura vs Perseden 4-3 (Rurimere 13, Pahelerang 14, Jopie Rumbrar 17, Timo Kapisa 64; Tumbaga 41, 53, 74)

Jumat, 6 Januari 1978:

PSMS vs PSIT 5-1 (Suwarno 39, 56, Zulkarnaen 67, Chaerul Chan 70, Effendi Marico 85; Syamsuri 31)

Minggu, 8 Januari 1978:

Perseden vs PSIT 3-2

Senin, 9 Januari 1978:

PSMS vs Persipura 0-0

Rabu, 11 Januari 1978:

PSMS vs Perseden 4-0 (Suwarno 49, 75, Regowo 55, 80)

Kamis, 12 Januari 1978:

Persipura vs PSIT 6-1 (Rully Nere 4, 19, Saul Sibi 7, 70, 76, Jopie Rumbar 34; Achyar 55)

PSMS (Medan) 3 2 1 0 9-1 5

Persipura (Jayapura) 3 2 1 0 10-4 5

Perseden (Denpasar) 3 1 0 2 6-10 2

PSIT (Cirebon) 3 0 0 3 4-14 0

Pool B (Di Stadion Siliwangi, Bandung dan Stadion Bima, Cirebon)

Kamis, 5 Januari 1978:

PSM vs Persisum 7-0 (Anwar Ramang 15, 76, 80, 25, Abdi Tunggal 43, 74, Dullah Rahim…)

Jumat, 6 Januari 1978:

Persib vs PSKB 5-0 (Atik 29, Nandar 41 penalti, Max Timisela 43, Teten 44, Kiswanto 60)

Senin, 9 Januari 1978:

PSM vs Perseban 3-1 (Gaffar Hamzah 2, Dullah Rahim 13, Abdi Tunggal 25; Gozali…)

Rabu, 11 Januari 1978:

Persisum vs PSKB 3-1 (Nurdin 10 penalti, Wahyuni 50, John Baz 82; M. Noor 80)

Kamis, 12 Januari 1978:

Persib vs PSM 3-0 (Tjetjep 16, 59, Zulham 86)
Jumat, 13 Januari 1978:

Perseban vs Persisum 1-1 (Gozali 33; John Baz 22)

Sabtu, 14 Januari 1978:

PSM vs PSKB 6-0 (Anwar Ramang 51, 56, 78, Syamsudin Umar 67, 70, 77)

Minggu, 15 Januari 1978:

Persib vs Perseban 2-0 (Zulham Effendi 3, Nandar 80)

*) Persib vs Persisum 6-0 dan Perseban vs PSKB 2-1 tidak diketahui secara pasti dimana dan kapan bertanding (karena keterbatasan sumber berita).

Persib (Bandung) 4 4 0 0 16-0 8

PSM (Ujungpandang) 4 3 0 1 16-4 6

Perseban (Banjarmasin) 4 1 1 2 4-7 3

Persisum (Sumbawa) 4 1 1 2 4-15 3

PSKB (Binjai) 4 0 0 4 2-16 0

Pool C (Di Stadion Persija, Menteng, Jakarta Pusat)

Kamis, 5 Januari 1978

Persiraja vs PSIS 0-0

Jumat, 6 Januari 1978

Persebaya vs Persipal 2-2 (Hadi Ismanto 23, Waskito 24; Stefanus Sirey 22, Dullah Wahid 47)

Senin, 9 Januari 1978

Persipal vs Persisam 5-1 (Stefanus Sirey 12, 31, Johannes Yakadewa 56, Indrajaya 70, Daniel 86; Hadi 22)

Rabu, 11 Januari 1978

Persiraja vs Persebaya 2-1 (M. Daan 67, Bustaman 73; Jopie Saununu 5)

Kamis, 12 Januari 1978

PSIS vs Persipal 1-0 (Nono Suwarno 65)

Jumat, 13 Januari 1978

Persebaya vs Persisam 7-0 (Hadi Ismanto 22, 60, 45, Abdul Kadir 30, Sapuan 34, Waskito 50 penalti, Djoko Malik 80)

Sabtu, 14 Januari 1978

Persiraja vs Persipal 1-1 (Bustaman 45; Johannes Yakadewa 2)

Minggu, 15 Januari 1978

PSIS vs Persisam 0-0

Catatan:
Persiraja vs Persisam 4-0 dan Persebaya vs PSIS 1-0 tidak diketahui secara pasti di mana dan kapan bertanding (karena keterbatasan sumber berita).

Persiraja (Banda Aceh) 4 2 2 0 7-2 6

Persebaya (Surabaya) 4 2 1 1 11-4 5

Persipal (Palu) 4 1 2 1 8-5 4

PSIS (Semarang) 4 1 2 1 1-1 4

Persisam (Samarinda) 4 0 1 3 1-16 1

Pool D (Di Stadion Diponegoro, Semarang)

Kamis, 5 Januari 1978

PSBI vs Persma 4-0 (Sodieq 9, 20, Ruslan 13, Yusuf 35 penalti)

Jumat, 6 Januari 1978

Persija vs PSP 3-1 (Taufik Saleh 5, Anjas 35, Iswadi 65; Irawadi Uska 40)

Senin, 9 Januari 1978

PSP vs Persma 4-1 (Yenny Wardin 30, 55, Ikradinata 36, Amna Rahim 40 penalti; Santjut 20)

Rabu, 11 Januari 1978

PSBI vs PSP 1-1 (Rustam 5; Amna Rahim 30)

Kamis, 12 Januari 1978

Persija vs Persma 5-0 (Dananjaya 43, Taufik Saleh 44, 89, Andi Lala 65, Sudarno 85 penalti)

Persija (Jakarta Pusat) 3 3 0 0 11-1 6

PSP (Padang) 3 1 1 1 6-5 3

PSBI (Blitar) 3 1 1 1 5-4 3

Persma (Manado) 3 0 0 3 1-13 0

Play off

Jumat, 13 Januari 1978

PSBI vs PSP 1-0 (Yusuf 25 penalti)

Catatan:

Pertandingan PSBI vs PSP diulang dalam babak playoff karena kedua tim memiliki nilai dan selisih gol yang sama.

Babak Perempatfinal (Babak “8 Besar”)

Pool F

Selasa, 17 Januari 1978

PSM vs PSMS 2-1 (Dullah Rahim 40, Anwar Ramang 90; Sunardi 19)
Persiraja vs PSBI 2-0 (Tarmizi 30, M. Daan 65)

Kamis, 19 Januari 1978

Persiraja vs PSM 1-0 (Tarmizi 30)
PSMS vs PSBI 4-2 (Nobon 18, 55, Sakirman 38, Suwarno 40; Yusuf 7 penalti, Sodik 83)

Sabtu, 21 Januari 1978

PSMS vs Persiraja 4-0 (Parlin Siagian 20, 90, …7, Suwarno 38)
PSM vs PSBI 8-1 (Dullah Rahim 6, Anwar Ramang 17, Yusuf Malle 21, Pieter Fernandez 47, Syamsudin Umar 48, Abdi Tunggal 12, 37, 40; Kurni 15)

PSM (Ujungpandang) 3 2 0 1 10-3 4

PSMS (Medan) 3 2 0 1 9-4 4

Persiraja (Banda Aceh) 3 2 0 1 3-4 4

PSBI (Blitar) 3 0 0 3 3-14 0

Pool G

Rabu, 18 Januari 1978

Persib vs Persipura 2-0 (Atik 75, Nandar 85)
Persija vs Persebaya 1-1 (Anjas Asmara 39; Abdul Kadir 84)

Jumat, 20 Januari 1978

Persebaya vs Persib 2-0 (Hadi Ismanto 17, Johny Fahamsyah 25)
Persija vs Persipura 5-1 (Iswadi 2, Robby Binur 22, 73, …51 own goal, Anjas Asmara 75; … …)

Selasa, 24 Januari 1978

Persebaya vs Persipura 5-1 (Joko Malis…,…, Johny Fahamsyah…, Waskito 55 penalti, Hadi Ismanto 82; Nico Pattipone 47)
Persija vs Persib 3-0 (Anjas Asmara 1, 47, Robby Binur 60)

Persija (Jakarta Pusat) 3 2 1 0 9-2 5

Persebaya (Surabaya) 2 1 0 8-2 5

Persib (Bandung) 1 0 2 2-5 2

Persipura (Jayapura) 3 0 0 3 2-12 0

Babak Semifinal

Kamis, 26 Januari 1978

Persebaya vs PSM 1-0 (Hadi Ismanto 5)
Persija vs PSMS 4-2 (1-1) adu penalti. [2 x 45 menit = 1-1 (Taufik Saleh 19; Effendi Marico 3), 2 x 15 menit = 0-0, adu penalti = 3-1 (Iswadi, Sofyan Hadi, Suapri; Nobon)]

Peringkat 5/6

Jumat, 27 Januari 1978

Persiraja vs Persib 2-1 (Bustaman 15, Tarmizi 39; Max Timisela 10)

Peringkat 3/4

Sabtu, 28 Januari 1978

PSMS vs PSM 5-4 (1-1) adu penalti. [2 x 45 menit = 1-1 (Suwarno 14; Gaffar 65 penalti), 2 x 15 menit 0-0, adu penalti = 4-3]

Final

Sabtu, 28 Januari 1978

Persebaya vs Persija 4-3 (Hadi Ismanto 20, 54, Rudy W. Keltjes 63, Joko Malis 69; Taufik Saleh 5, 28, Andi Lala 78)

Catatan:

*) Mulai babak perempat final hingga final, seluruh pertandingan digelar di Stadion Utama, Senayan, Jakarta.

About these ads

13 responses

  1. final yang seru..publik dan surat kabar jawa timur masih banyak yang salah persepsi..mereka menganggap persebaya juara musim 1977,padahal bung novan telah menunjukkan fakta yg sebetulnya thanks bung novan..anda emang the best..lanjutkan bung..revolusi semua..kalo perlu tampilkan squad lengkap profil pemain tim2 yg berpartisipasi.

  2. TERIMA KASIH BUNG NOVAN, DATA -DATA SANGAT BERGUNA BAGI SEJARAH PERSEPAK BOLAAN INDONESIA

    1. novanmediaresearch | Balas

      Terima kasih atas perhatian dan dukungannya :)

  3. mantap,.herry kiswanto baru memulai karir di persib,.,rully neere di persipura,.dullah rahim,yusuf malle anwar ramang putra ramang di psm,.robby binur,andi lala,taufik saleh,sudarno di persija,.sunardi A di psms,.djoko malis di persebaya,..

  4. Persebaya Juara Perserikatan 1977 itu bener !! 100%, walaupun penyelenggaraannya berakhir di awal tahun 1978. maklum waktu itu PSSI belum konsisten waktu.

  5. sampek sekarang pun masih seperti itu PSSI,..gak beres sama sekali,..ingat musim 2007 yg berakhir 2008,.jadi sinkron banget,.mana tau yg membaca kita jadi bingung,.musim 1977 kok waktunya 1978,.hal pasti tidak akan terjadi di luar negeri hanya di indonesia,.AFF cup tahun 2004 yg berakhir tahun 2005 pun dalam manualnya AFF menyebutnya AFF ASEAN CUP 2005,.

  6. kalo musim 1977 kok waktu penyelenggaraan 1978,.bikin sejarah tambah kabur,bikin orang bingung dan gak karu-karuan itu PSSI,.mending bubarkan saja,..

    1. novanmediaresearch | Balas

      PERTAMA, hal ini sih seperti “perdebatan” antara saya dan rekan Feri Istanto (Maspei) sekitar tahun 2005. Saat itu, rekan Maspei “memprotes” data saya di RSSSF yang menulis Divisi II LI 2002-2003. Sementara Maspei 2002 saja. Namun, kita sepakat “diam-diam” ketika saya menawarkan jawaban: apa pun periode (tahun)-nya, yang penting nama-nama peserta dan langkah-langkah suatu tim untuk menjadi juara tersedia dengan jelas sehingga tidak terjadi tumpang tindih antarperistiwa.
      KEDUA, berkaitan dengan hal pertama, jika data tidak jelas maka dapatkah anda menjawab: siapa yang menjadi juara Kejurnas PSSI 1959-1961 ketika angka-angka tahun tersebut terdapat dalam media tahun 1959, PSM atau Persib? Kalau juaranya adalah Persib, berarti Persib juara pada 1959 dan 1961. Namun, faktanya tidak seperti itu.
      KETIGA, kalau yang anda sampaikan ialah Kejurnas PSSI 1977 (meski berakhir pada Januari 1978), bisakah anda tunjukkan hasil pertandingan kompetisi sebelum Kejurnas PSSI 1978-1979 dimulai? Semoga ada tanggapan balik. Sekali lagi, semua demi “pelurusan” sejarah.

      1. Bisa mas, saya ingat koq, tetapi terbatas di daerah saya, yaitu jawa timur, kompetisi perserikatan 1975-1977 yang diikuti hanya 3 klub, Persebaya, PSBI Blitar dan Persema, tempatnya lupa tapi yg jelas tidak di Surabaya.
        Persebaya-PSBI 0-0
        Persebaya-Persema 2-1
        PSBI-Persema 2-2

        yang lolos ke babak selanjutnya Persebaya & PSBI Blitar

      2. novanmediaresearch

        Perihal penulisan kompetisi 1975-1977 atau 1975-1978? Sayang, saya tidak memiliki data Wilayah III (Jawa Timur dan “teman-teman se-daerah-nya”). Sayang pula, data-data yang Mas Eko sampaikan tidak ada waktunya (minimal bulan dan/atau tahunnya). Namun demikian, saya mencoba memberikan data pembanding untuk wilayah lainnya.
        Data-data berikut ini diambil dari Pikiran Rakyat edisi Desember 1977 dan Januari 1978.
        (Susunan tim berdasarkan peringkat klasemen)

        WILAYAH I:
        Pool I:
        PSMS, PSKB, PS Sriwijaya, PS Batam.
        Pool II:
        Persiraja, PSP, PSTT, PSLS.

        WILAYAH II:
        Pool I:
        Persija, PSIT, PSIM, Perssi, PPSM.
        Pool II:
        Persib, PSIS, PSB, Persika, Persis.

        Mungkin, teman-teman Persebaya dan PSBI dari Wilayah III ialah Perseden dan Persisum.

        Dari sini, Mas Eko dapat melihat tim mana saja yang menjadi peserta Kejurnas PSSI 1975-1978. Kalau 1975-1977, peserta yang mana lagi…?

        Atau adakah masukan lain dari Mas Eko dan rekan-rekan yang lain….

  7. itulah kekurangannya mas Novan, saya hanya mengandalkan ingatan, sementara data mas begitu komplit plit, saya ingat baca Surabaya Post dan alm. majalah Olympic saja.
    jadi, saya tahunya, sebelum PSBI dan Persebaya maju ke babak selanjutnya mereka segitiga dulu dengan Persema.

    berita saat itu menggambarkan kejutan besar yang dibuat oleh PSBI dgn menyingkirkan Persema 2-2 dengan gol di menit akhir, tgl & bulan….wah mana tahu. sayang kliping korannya ilang.
    saya juga ingat bahwa PSBI-Persija (1-3 atau 0-3) PSBI mendapat 2 penalti yg semuanya gagal diselesaikan oleh kaptennya M. Yusuf.

  8. wah,.tolong diulas bung saat masih kompetisi masih di zona atau distrik,.karena ada ps sriwijaya palembang-(kini ps palembang),.yang bertarung di pool 1 zona sumatera,.musim berikutnya baru muncul level kompetisi dengan adanya divisi I,.

  9. saya punya foto TIm Persebaya Juara Perserikatan tahun 1977-1978

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: