Perserikatan 1983

Kompetisi Perserikatan 1983 => Divisi Utama

(21 September 1983 s.d. 10 November 1983)

Wilayah Barat

Putaran I (di Stadion Imam Bonjol, Padang)

Rabu, 21 September 1983
PSMS vs Persib 1-0 (Sunardi 12)
Kamis, 22 September 1983
Persija vs PSP 2-0 (Ferry Numbelaka 14, Noach Meriem 52)
Jumat, 23 September 1983
Persib vs Persiraja 2-2 (Rudiyanto 76, Adeng Hudaya 84; Habib Abdillah 25, 88)
Sabtu, 24 September 1983
PSMS vs Persija 0-0
Minggu, 25 September 1983
PSP vs Persiraja 5-5 (Tukijan 7 penalti, Faisal 19, 72, Evy Kardinal 32, Suhatman 40; Isnar 12, 22, Neidi 17, Zulkarnaen 47, Nasir Gurumud 60)
Senin, 26 September 1983
Persib vs Persija 0-0
Selasa, 27 September 1983
PSMS vs Persiraja 5-0 (Suherman 20, 40, Sunardi 38, 60, Sakum 53)
Rabu, 28 September 1983
Persib vs PSP 2-1 (Wolter Sulu 14, Adjat Sudradjat 90; Evy Kardinal 63)
Kamis, 29 September 1983
Persija vs Persiraja 3-0 (Frederick Patipeluhu 40, Noach Meriem 63, 74)
Jumat, 30 September 1983
PSMS vs PSP 3-0 (Sunardi 39, 83, 86)

PSMS (Medan) 4 3 1 0 9-0 7
Persija (Jakarta Pusat) 4 2 2 0 5-0 6
Persib (Bandung) 4 1 2 1 4-4 4
Persiraja (Banda Aceh) 4 0 2 2 7-15 2
PSP (Padang) 4 0 1 3 6-12 1

Putaran II (di Stadion Siliwangi, Bandung)

Sabtu, 22 Oktober 1983
Persija vs PSMS 1-1 (Budi Tanoto 22; Suherman 67)
Minggu, 23 Oktober 1983
Persib vs Persiraja 4-0 (Adeng Hudaya 30, Wolter Sulu 52, Encas Tonif 66, Bambang Sukowiyono 72)
Senin, 24 Oktober 1983
PSMS vs PSP 3-1 (Zulham Effendi 22, Sunardi B. 64, 74; Khairul Ansar 10)
Selasa, 25 Oktober 1983
Persiraja vs Persija 2-1 (Bustaman 21, 38; Saparudin 20)
*) Pertandingan Persiraja vs Persija berlangsung selama satu babak (1 x 45 menit). Babak kedua ditunda karena hujan deras. Pertandingan dilanjutkan pada hari Rabu, 26 Oktober 1983 (pagi).
Rabu, 26 Oktober 1983
(Pagi): Persiraja vs Persija 4-1 (Bustaman 21, 38, 51, Nasir Gurumud 86; Saparudin 20)
*) Pertandingan Persiraja vs Persija di babak II ini merupakan pertandingan lanjutan hari Selasa, 25 Oktober 1983 yang tertunda akibat hujan deras.
Persib vs PSP 5-0 (Adjat Sudradjat 18, 38, 55, Bambang Sukowiyono 8, Robby Darwis 68)
Jumat, 28 Oktober 1983
PSP vs Persija 1-1 (Tukijan 6; Frederick Patipeluhu 59)
Sabtu, 29 Oktober 1983
Persib vs PSMS 3-1 (Bambang Sukowiyono 12 penalti, Adjat Sudradjat 22, 66; Nurdin 85)
Minggu, 30 Oktober 1983
Persiraja vs PSP 5-1 (Bustaman 10, 51, 75, 87, Nasir Gurumud 62; Khairil ansar 27)
Senin, 31 Oktober 1983
Persija vs Persib 0-0

PSMS (Medan) 8 5 2 1 16-5 12
Persib (Bandung) 8 4 3 1 16-5 11
Persija (Jakarta Pusat) 8 2 5 1 8-6 9
Persiraja (Banda Aceh) 8 2 2 4 16-23 6
PSP (Padang) 8 0 2 6 9-26 2

Wilayah Timur

Putaran I (di Stadion Tridharma Petrokimia, Gresik)

Rabu, 21 September 1983
Persema vs PSM 1-0 (Hartoyo 14)
Kamis, 22 September 1983
Persebaya vs PSIS 4-3 (Djudjuk Darmanto 6, 29, Hartono 12 penalti, Ferrel R. Hattu 58; Syaiful Amri 14, 50, Surajab 74)
Jumat, 23 September 1983
Persipura vs PSM 2-1 (Mettu Duaramuri 52, Spiks Pulanda 77; Harmin 49)
Sabtu, 24 September 1983
Persema vs PSIS 3-0 (Sugianto 32, 40, Maryanto 74)
Minggu, 25 September 1983
Persebaya vs Persipura 3-0 (Hartono 57, Achmad Tayeb 58, Budi Johanes 73)
Senin, 26 September 1983
PSM vs PSIS 1-0 (Rustam 75)
Selasa, 27 September 1983
Persipura vs Persema 2-0 (Panus Korwa 24, Leo Kapisa 65)
Rabu, 28 September 1983
Persebaya vs PSM 1-1 (Yongky Kastanya 76; Nasarudin 50)
Kamis, 29 September 1983
Persipura vs PSIS 2-1 (Leo Kapisa 70, 83; Puri Haryadi 32)
Jumat, 30 September 1983
Persebaya vs Persema 2-1 (Hartono 19, Yongky Kastanya 84; Harry Ratu 85)

Persebaya (Surabaya) 4 3 1 0 10-5 7
Persipura (Jayapura) 4 3 0 1 6-5 6
Persema (Malang) 4 2 0 2 5-4 4
PSM (Ujungpandang) 4 1 1 2 3-4 3
PSIS (Semarang) 4 0 0 4 4-10 0

Putaran II (di Stadion Diponegoro, Semarang)

Sabtu, 22 Oktober 1983
Persema vs Persipura 1-1 (Maryanto 55; Martin Kaiba 73)
Minggu, 23 Oktober 1983
PSM vs PSIS 1-0 (Alinurdin 58)
Senin, 24 Oktober 1983
Persebaya vs Persema

*) Pertandingan Persebaya vs Persema ditunda karena hujan deras. Pertandingan dilanjutkan pada hari Selasa, 25 Oktober 1983.
Selasa, 25 Oktober 1983
Persebaya vs Persema 2-2 (Djudjuk Darmanto 22, Ferrel R. Hattu 35; Hartoyo 15 penalti, Sugianto 20)
*) Semula, pertandingan Persebaya vs Persema digelar pada hari Senin, 24 Oktober 1983. Namun demikian, pertandingan ini pun terhenti pada menit 48 karena hujan deras. Pertandingan dilanjutkan pada hari Rabu, 26 Oktober 1983.
Rabu, 26 Oktober 1983
PSM vs Persipura 1-0 (Armin 49)
(19.30 WIB): Persebaya vs Persema 2-2.
*) Pertandingan Persebaya vs Persema selama 42 menit ini merupakan pertandingan lanjutan dari hari Selasa, 25 Oktober 1983 yang terhenti karena hujan deras.
Jumat, 28 Oktober 1983
PSM vs Persema 2-1 (Alimuddin 48, Surul Lengu 70; Harry Ratu 79)
Sabtu, 29 Oktober 1983
Persebaya vs Persipura 0-0
Minggu, 30 Oktober 1983
PSIS vs Persema 1-1 (Surajab 1; Maryanto 85)
Senin, 31 Oktober 1983
PSM vs Persebaya 4-3 (Irianto Kasim 6, Rustam 22 penalti, Surul Lengu 39, Armin 87; Achmad Tayeb 32, Ferrel R. Hattu 67, Yongky Kastanya 77)
Selasa, 1 November 1983
Persipura vs PSIS 2-0 (Leo Kapisa 12, Spiks Pulanda 41)

Persebaya (Surabaya) 8 4 3 1 16-11 11
PSM (Ujungpandang) 8 5 1 2 11-8 11
Persipura (Jayapura) 8 4 2 2 9-7 10
Persema (Malang) 8 2 3 3 10-10 7
PSIS (Semarang) 8 0 1 7 5-15 7

Putaran Final “4 Besar” (di Stadion Utama, Senayan, Jakarta)

Sabtu, 5 November 1983
PSMS vs PSM 1-1 (Musimin 43; Surul Lengu 35)
Persib vs Persebaya 2-1 (Wawan Karnawan 40, Wolter Sulu 60; Budi Johanes 76)
Minggu, 6 November 1983
Persebaya vs PSM 2-1 (Hartono 64, 78 penalti; Surul Lengu 66)
Persib vs PSMS 2-1 (Adjat Sudradjat 20, 40; Bangga Gultom 71)
Selasa, 8 November 1983
Persib vs PSM 3-0 (Jaffar Sidik 10, Yana Rodiana 40, Bambang Sukowiyono 74)
PSMS vs Persebaya 1-0 (Suherman 48)

Persib (Bandung) 3 3 0 0 7-2 6

PSMS (Medan) 3 1 1 1 3-3 3

Persebaya (Surabaya) 3 1 0 2 3-4 2

PSM (Ujungpandang) 3 0 1 2 2-6 1

Grandfinal (di Stadion Utama, Senayan, Jakarta)

Kamis, 10 November 1983
PSMS vs Persib 3-2 (0-0) (0-0)

*) adu tendangan penalti

8 Comments »

  1. 1

    persib udah menang atas psms dibabak putaran 4 besar tapi apes difinal musim 1983 ini. adu pinalti jadi penyebabnya.kalo gak salah legenda persib robby darwis gagal waktu jadi algojo ini adu pinalti. bung novan gimana caranya kalo mau punya rekaman pertandingan sepakbola indonesia yang tahun baheula2 ya…

  2. 2

    soalnya musim 93/94 kebawah aku masih demen banget ma bola indonesia,tapi 93/94 keatas dah gak tertarik,soalnya pemainnya gak ada yg berkualitas kecuali ansyari lubis dan fachry husaini

  3. 3
    Kadlan Sinaga Says:

    Kalau dilengkapi dengan foto-foto tim peserta akan lebih lengkap.

    • 4
      elang Says:

      kadlan@ setuju bung, sebagai tambahan tim juara PSMS tahun 1983 ini juga terdapat marzuki nyakmad yang mematikan pergerakan ajat sudrajat dalam partai final melawan persib

  4. 5
    Wilzar Siregar Says:

    Pada musim ini pelatih PSMS siapa yah?

  5. Wilzar siregar : pelatih PSMS musim ini adalah bekas bintang PSMS di era 1970an,.Parlin Siagian. pada pra sea games 1997 beliau sempat jadi asisten timnas dibawah henk wullems,.

  6. 7
    parlin Says:

    @Kadlan: Kalau saya tdk salah, kayaknya marzuki nyak mad tidak pernah main untuk psms.

  7. 8
    ibrahim Says:

    kalo ada …..hasil PON 1981-89, dimana tim Sumut sukses menembus final 3x beruntun. yang punya bisa tukar info sama saya. saya punya hasil PON dari 1993-2008


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: