Perserikatan 1989-1990

Kompetisi Perserikatan 1989-1990 => Divisi Utama

(s.d. 11 Maret 1990)

Wilayah Barat

Putaran I

PSMS vs PSDS 2-0

Persija vs PS Bengkulu 1-0

Persib vs Persita 0-1

PSMS vs PS Bengkulu 4-1

Persib vs Persija 0-0

PSDS vs PS Bengkulu 1-0

PSMS vs Persita 0-1

PSDS vs Persita 0-1

Persib vs PS Bengkulu 1-2

PSDS vs Persija 1-1

PS Bengkulu vs Persita 2-2

PSMS vs Persija 0-0

Persib vs PSDS 1-1

Persita vs Persija 0-3

PSMS vs Persib 2-3

Persija (Jakarta Pusat) 5 2 3 0 5-1 7

Persita (Tangerang) 5 3 1 1 5-5 7

PSMS (Medan) 5 2 1 2 8-5 5

Persib (Bandung) 5 1 2 2 5-6 4

PSDS (Deli Serdang) 5 1 2 2 3-5 4

PS Bengkulu (Bengkulu) 5 1 1 3 5-9 3

Putaran II

21 Januari 1990:

Persita vs Persib 0-2

PS Bengkulu vs Persija 0-1

PSDS vs PSMS 0-1

28 Januari 1990:

Persija vs Persib 2-2

PS Bengkulu vs PSMS 3-0

2 Februari 1990:

PS Bengkulu vs PSDS 2-0

Persija vs Persita 1-1

8 Februari 1990:

Persita vs PSDS 0-0

Persib vs PS Bengkulu 2-0

11 Februari 1990:

Persija vs PSMS 1-1

13 Februari 1990:

Persita vs PS Bengkulu 2-0

Persib vs PSDS 3-0

18 Februari 1990:

Persija vs PSDS 3-2

19 Februari 1990:

Persita vs PSMS 0-3

24 Februari 1990:

Persib vs PSMS 0-0

Persija (Jakarta Pusat) 10 4 6 0 13-7 14

Persib (Bandung) 10 4 4 2 14-8 12

PSMS (Medan) 10 4 3 3 13-9 11

Persita (Tangerang) 10 4 3 3 8-11 11

PS Bengkulu (Bengkulu) 10 3 1 6 10-14 7

PSDS (Deli Serdang) 10 1 3 6 5-14 5

Wilayah Timur

Putaran I

Persegres vs Persebaya 0-1

PSIS vs Persiba 1-1

Persipura vs PSM 0-0

Persebaya vs Persiba 3-0

PSM vs PSIS 0-0

Persegres vs Persiba 2-2

Persipura vs PSIS 0-1

PSM vs Persebaya 2-0

Persipura vs Persegres 0-0

Persipura vs Persebaya 2-2

PSM vs Persegres 1-1

Persipura vs Persiba 1-1

Persegres vs PSIS 1-1

Persiba vs PSM 2-0

Persebaya vs PSIS 2-0

Persebaya (Surabaya) 5 3 1 1 8-4 7

PSM (Ujungpandang) 5 1 3 1 3-3 5

PSIS (Semarang) 5 1 3 1 3-4 5

Persiba (Balikpapan) 5 1 3 1 6-7 5

Persegres (Gresik) 5 0 4 1 4-5 4

Persipura (Jayapura) 5 0 4 1 3-4 4

Putaran II

21 Januari 1990:

PSM vs Persipura 2-1

Persiba vs PSIS 1-1

Persebaya vs Persegres 2-1

28 Januari 1990:

Persiba vs Persebaya 0-0

PSIS vs PSM 0-0

2 Februari 1990:

Persiba vs Persegres 2-2

PSIS vs Persipura 0-1

3 Februari 1990:

Persebaya vs PSM 1-0

7 Februari 1990:

Persegres vs Persipura 0-1

11 Februari 1990:

Persegres vs PSM 0-0

12 Februari 1990:

Persebaya vs Persipura 2-1

17 Februari 1990:

Persiba vs Persipura 2-0

PSIS vs Persegres 1-1

22 Februari 1990:

PSIS vs Persebaya 2-1

24 Februari 1990:

PSM vs Persiba 1-0

Persebaya (Surabaya) 10 6 2 2 14-8 14

PSM (Ujungpandang) 10 3 5 2 6-5 11

Persiba (Balikpapan) 10 2 6 2 11-11 10

PSIS (Semarang) 10 2 6 2 7-8 10

Persipura (Jayapura) 10 2 4 4 7-10 8

Persegres (Gresik) 10 0 7 3 8-11 7

Babak β€œ6 Besar” (di Stadion Utama, Senayan, Jakarta)

Grup I:

4 Maret 1990:

Persija vs PSM 0-0

5 Maret 1990:

PSM vs Persiba 1-0

6 Maret 1990:

Persiba vs Persija 0-2

Persija (Jakarta Pusat) 2 1 1 0 2-0 3

PSM (Ujungpandang) 2 1 1 0 1-0 3

Persiba (Balikpapan) 2 0 0 2 0-3 0

Grup II:

4 Maret 1990:

Persebaya vs Persib 0-2

5 Maret 1990:

Persib vs PSMS 0-0

6 Maret 1990:

PSMS vs Persebaya 0-1

Persib (Bandung) 2 1 1 0 2-0 3

Persebaya (Surabaya) 2 1 0 1 1-2 2

PSMS (Medan) 2 0 1 1 0-1 1

Babak semifinal (di Stadion Utama, Senayan, Jakarta)

9 Maret 1990:

Persebaya vs Persija 7-5

Persib vs PSM 3-0

Perebutan peringkat 3-4 (di Stadion Utama, Senayan, Jakarta)

10 Maret 1990:

Persija vs PSM 4-1

Final (di Stadion Utama, Senayan, Jakarta)

11 Maret 1990:

Persib vs Persebaya 2-0

Iklan

21 Comments »

  1. 1

    ini benar-benar musim yang paling gua kenang. waktu itu pas piala dunia 90 n gua masih kelas 3 sd.partai semifinal persib-psm disiarin tvri sore,pas malemnya partai semifinal kedua persija vs persebaya ditayang tunda tvri jam 10. abis pertandingan spanyol vs yugo babak 16 besar piala dunia 90.aku ingat betul tuh. pemain psm (alm).anshar razak emosi trus main kasar krn frustasi pas dibantai persib 3-0 d semifinal. sedang persija apes lagi kalah adu pinalti dari persebaya.pas hari final koran kompas gambarnya pose kedua tim di halaman muka. pas final gua sama ibu kebeneran ke rumah tante didaerah kebon jeruk lewat senayan..gua inget arus penonton yang kesenayan waktu itu dari suporter kedua tim. bobotoh udah bikin lautan biru di sekitar senayan,sedang suporter persebaya pakai bis yg dpasangin spanduk. mereka dikordinasi koran jawa timur jawa pos. pas gua pulang final masih berlangsung n begitu sampai rumah berita nyampe dikuping bahwa maung bandung juara lagi lewat gol adjat sudrajat dan bunuh diri bek persebaya subangkit. kenangan ini benar2 gak terlupakan

  2. 2

    gua hampir lupa pas berangkat ke kebon jeruk naik bis kota,nuansa sepakbola bnar2 terasa abis barengan gua yg naik bis banyak yang pada niat nonton bola dsenayan.pas bis berhenti d senayan,puluhan penumpang yg mo nnton final rame2 pd turun.kondekturnya yg orang batak juga gak berhenti2 sepanjang perjalanan dr terminal mengarah ke senayan teriak2 persija..persija n psms..psms..

  3. 3
    angga Says:

    bener2 beda bonek sekarang ma yang dulu…
    dulu bonek2 terkoordinir rapi tertib…. tawuran ya tawuran…. olok2 an ya olok2 an…..
    tapi tertib…..knapa makin lama makin bobrok aj

  4. 4
    ridho Says:

    halo NMR, aku mo minta carikan bio data nama-nama pemain timnas sepakbola dari tahun 1990-an, kl ada sekalian gambarnya, kl gak ada juga gak apa2, aku mo cari pelatihku dulu waktu di pt satnusa persada batam,
    tolong ya NMR…moga NMR makin update dan selalu kreatif………

    • 5
      novanmediaresearch Says:

      Skuad timnas Indonesia di Pra Piala Dunia 1990 (digelar s.d. Juni 1989): (1) Eddy Harto, (2) I Gede Putu Yasa, (3) Benny van Breukelen, (4) Herry Kiswanto, (5) Robby Darwis, (6) Freddy Mully, (7) Jaya Hartono, (8) Hamdani Lubis, (9) Bonggo Pribadi, (10) Patar Tambunan, (11) Azhary Rangkuty, (12) Yessy Mustamu, (13) Rully Neere, (14) Maman Suryaman, (15) Harry Susanto, (16) Dede Iskandar, (17) Maura Helly, (18) I Made Pasek Wijaya, (19) Mustaqim, (20) Rachmad Darmawan, (21) Agusman Riyadi, dan (22) Ricky Yacob.
      Pelatih: Trio Basiska (M. Basri, Iswadi Idris, dan Abdul Kadir).
      Untuk biodata, cari sendiri ya di media-media kita. Maklum, pemain-pemain tersebut kini telah menjadi pelatih klub-klub saat ini sehingga profil mereka ada di hampir setiap media akhir-akhir ini (setidaknya dalam 1-5 tahun terakhir). Salam.

      • 6
        Anonim Says:

        kurang satu pemain bung novan squad PPD 1989. kalau tidak salah Inyong Lolombulan pemain ke 23

  5. 7
    aguz banderaz Says:

    ridho : saya kasih tambahan info maz,..squad timnas indonesia juara sea games 1991 di manila,.:
    1.Eddy Harto (kiper/Kramayudha Tiga berlian)
    2.Erick Ibrahim (kiper/Gelora Dewata)
    3.Robby Darwis (Belakang/Persib)
    4.Toyo Haryono (Belakang/Kramayudha Tiga Berlian)
    5.Sudirman (Belakang/Arseto)
    6.Salahuddin (Belakang/Barito Putra)
    7.Herry Setiawan (belakang/pelita jaya)
    8.Maman Suryaman (tengah/Pelita jaya)
    9.Aji santoso (tengah/Arema)
    10.Kashartadi (tengah/Kramayudha tiga berlian)
    11.Ferril.R.Hattu (tengah/Petro putra)
    12.Heriansyah (tengah/Arseto)
    13.Hanafing (tengah/Mitra Surabaya)
    14.Yusuf Ekodono (depan/Persebaya)
    15.Widodo C.Putro (depan/Warna Agung)
    16.Peri Sandria (depan/Kramayudha Tiga berlian)
    17.Rocky Poetirray (depan/arseto)
    18.Bambang Nurdiansyah (depan/Pelita Jaya)
    Coach : Anatoly Polosin (Uni Sovyet)
    asisten : Vladimir Urin (Uni soviet),Danurwindo

    • 8
      novanmediaresearch Says:

      Terima kasih untuk datanya. Saya kira, data-data ini akan sangat berguna bagi para pengunjung yang selama ini bertanya via email dan kata kunci yang mengarah ke blog NMR. Terima kasih πŸ™‚

    • 9

      Squad timnas juara Sea Games 1991 di Istana Negara. Berdiri Ki-Ka : Hanafing, Maman Suryaman,Herrie Setiawan,Ferrel Hattu,Widodo.C.Putro,Aji Santoso,Rocky Puttiray,Sudirman,Peri Sandria,Toyo Haryono,Erick Ibrahim,Eddy Harto,Heriansyah,Yusuf Ekodono,Salahuddin,Bambang Nurdiansyah,Robby Darwis,Kashartadi. Duduk dari ki-ka :mr.A,Anatoly Polosin,IGK.Manila,Kardono,Mr.B,Mr.C,Vladimir Urin.

  6. 10
    jajaten garut Says:

    bung Aguz Banderaz …
    mu koreksi neh…yang ngegolin dari Persib tuh bukan kang Adjat tapi DEDE ROSADI…
    makasih ya …

  7. 11
    aguz banderaz Says:

    Jejaten@ betul bung dede rosadi,..yang masuk menggantikan nyang-nyang di babak kedua ya,.

  8. saya anaknya hamdani lubis

  9. 15
    erlangga danny Says:

    Bung novan, tau nggak videonya final perserikatan pertandingan Persib vs Persebaya tolong kasih tau sumbernya dong kl nggak tau ya ndak apa2. makasih…

    • 16
      novanmediaresearch Says:

      Saya tdk tahu karena jarang browsing πŸ™‚ Ttg video, saya pernah coba ke TV (meski bukan ttg sepak bola). Rp 150rb per menit (kalau ada). Thx utk SBY vs JKT.

  10. 17
    erlangga danny Says:

    sama2…

  11. 18
    erlangga danny Says:

    bung novan sy sdh menemukannya yaitu video final Perserikatan Persib vs Persebaya kl ingin lht klik link ini http://www.youtube.com/watch?v=3jNch3iMjOw

  12. 19
    ibrahim Says:

    sebagai tambahan…………..pada masa ini ada turnamen Piala Utama (yang mempertemukan 8 tim terbaik di indonesia, masing2 4 tim perserikatan dan 4 tim galatama)
    Penyisihan
    Grup A (Surabaya)
    -Persebaya 2-1 PSM (Yusuf Ekodono, Ibnu Grahan; Alimudin Usman)
    -Pelita Jaya 3-0 PKT Bontang (Noah Merien, Tiastono Taufik, ?)
    -Persebaya 3-0 PKT Bontang (bunuh diri Salmon Kabarek, Wenedi Purwito, Yani Faturrahman)
    -PSM 1-1 Pelita Jaya (Aco Bello; Bonggo Pribadi)
    -PSM 0-2 PKT Bontang (Martinus Konyol, Yonas Sawor)
    -Persebaya 2-2 Pelita Jaya (Ibnu Grahan, ?; ?, Ali Lisaholet)

    Persebaya (Surabaya) 3 2 1 0 (7-3) 5
    Pelita Jaya 3 1 2 0 (6-3) 4
    PKT Bontang 3 1 0 2 (2-6) 2
    PSM (Ujung Pandang) 3 0 1 2 (2-5) 1

    Grup B (Bandung)
    -Kramayudha 0-0 Arema
    -Persib 4-0 Persija (Dede Rosadi, Nyang-Nyang, Sutiono(2))
    -Persib 1-0 Arema (Sutiono)
    -Persija 0-2 Kramayudha (Kashartadi, ?)
    -Persija 3-0 Arema (Adityo Darmadi, Bambang Waskita, Slamet Supriadi)
    -Persib 1-0 Kramayudha (Robby Darwis)

    Persib (Bandung) 3 3 0 0 (6-0) 6
    Kramayudha TB 3 1 1 1 (2-1) 3
    Persija (Jakarta) 3 1 0 2 (3-6) 2
    Arema 3 0 1 2 (0-4) 1

    SemiFinal (Senayan)
    -Persebaya 3-1 Kramayudha (Yani Faturrahman, ?, Yusuf Ekodono; ?)
    -Persib 2-3 Pelita Jaya (bunuh diri Donny Latuperissa, Sutiono; Noah Merien, Rully Nere, Bambang Nurdiansyah)

    Peringkat 3
    -Kramayudha 1-0 Persib (Rehmalem PA)

    Final
    -Persebaya 3-2 Pelita Jaya (via extra time)
    (Ali Zaini, Yusuf Ekodono, Wenedi Purwito; Tiastono Taufik (2))

  13. 20

    Saya, Bambang Ketut Irawan, th. 80an saya di Tim PSSI Jr. dan pernah juara di Piala Walikota Padang (Azwar Anas) pada waktu itu. mohon liat dong beritanya, kangen nih

    • 21
      NovanMediaResearch Says:

      Grandfinal Piala Walikota Padang II/1984 di Stadion Imam Bonjol, Padang (22 Februari 1984): PSSI Jr vs PSMS 4-2 melalui adu tendangan penalti. [Masa kecil, kalau sedang menjadi kiper-kiper-an, saya biasa memerankan Bambang K. Irawan dan Sobur he he.]


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: