1952: Indonesia vs Nan Hwa (Hongkong) 1-0

Anda mengenal Lee Wai Tong? Ya, meskipun bukan pemain Indonesia, sebagian dari kita tentu pernah mengetahui nama tersebut sebagai salah seorang pemain Nan Hwa (Hongkong).

Berdasarkan penelusuran NovanMediaResearch, Lee Wai Tong merupakan salah seorang pemain Nan Hwa ketika melawan tim nasional (timnas) PSSI pada 7 Agustus 1937 di Semarang. Nah, pada tahun 1952 —pada saat NMR akan menceritakan dalam tulisan kali ini— Lee Wai Tong sudah bertindak sebagai pelatih Nan Hwa ketika melawan timnas Indonesia pada 27 Juli 1952 di Jakarta. Lalu, pada 1963, Lee Wai Tong sudah menjadi Sekretaris Asian Football Confederation (?) ketika AFC merasa tidak puas atas pemberian ijin FIFA kepada Indonesia untuk menyelenggarakan turnamen Konferensi Wartawan Asia Afrika (KWAA).

Bagaimana pertandingan timnas Indonesia melawan Nan Hwa?

Pertandingan yang digelar di Ikada, Jakarta, 27 Juli 1952 digambarkan sebagai pertandingan dalam tempo tinggi (cepat dan menarik). Pertandingan baru berlangsung satu menit, San Liong berhasil menggetarkan jala gawang Nan Hwa yang dikawal penjaga gawang Pao Kin Yin. Sayang, gol itu dianulir wasit de Graaf karena Amung berada dalam posisi offside. Skor pun masih imbang 0-0 dan bertahan sampai babak I berakhir.

Babak II pun berlanjut. Pertandingan babak II baru berlangsung 5 menit, timnas Indonesia berhasil mencetak gol melalui sundulan Freddy Timisela memanfaatkan tendangan pojok (corner cick) Aang Witarsa. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk timnas Indonesia.

Dalam perkembangannya, Freddy Timisela berhasil menambah gol. Sayang, sekali lagi sayang, gol itu pun dianulir wasit karena sebelumnya ia telah melakukan pelanggaran terhadap salah seorang pemain Nan Hwa. Sampai pertandingan berakhir, timnas Indonesia menang 1-0 atas Nan Hwa.

Formasi pemain timnas Indonesia: Van der Vin (penjaga gawang), Chaerudin, Sidhi, Sunar/Saderan, Anas, Tan Liong Houw, Ing Hien, San Liong, Aang Witarsa, Freddy Timisela, dan Amung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: