Yang “Unik” di NAD: 26 Perserikatan dari 23 Kabupaten/Kota

Tahukah anda kenapa NMR belum menampilkan Divisi I, Divisi II, dan Divisi III…? Itu karena ada data yang mesti di-check and recheck. NMR memperoleh masukan-masukan yang perlu diperiksa, termasuk jadwal-jadwal yang ada. Wah…, cukup membingungkan! Bagaimana pun terima kasih atas masukannya. Mungkin dalam Divisi I, II, dan III ini pun ada yang mesti diedit (baca: dirapikan). Salah satu tulisan kali ini yaitu “Ada 26 tim (Perserikatan) di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam. Padahal, di provinsi ini hanya ada 23 kabupaten/kota. Berikut ulasannya. Inilah salah satu yang “membingungkan”.

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) merupakan salah satu dari 33 provinsi di Indonesia. Provinsi yang pada masa lalu disebut DI (Daerah Istimewa) Aceh itu merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Kini, provinsi NAD memiliki 23 kabupaten/kota yang terdiri dari 18 kabupaten dan 5 kota.

Seperti di daerah-daerah lainnya, di setiap kabupaten/kota didirikan perserikatan (bond). Sebutlah Persiraja (Persatuan Sepak bola Indonesia Kuta Raja) sebagai perserikatannya kota Banda Aceh.

Namun, ada yang “unik” dalam persepakbolaan NAD akhir-akhir ini. Paling tidak, hal itu berdasarkan informasi terbatas yang diperoleh NMR. Apa itu? Ya, meskipun NAD memiliki 23 kabupaten/kota, ternyata ada 26 tim (Perserikatan) yang ikut serta dalam kompetisi PSSI tahun (2009-2010) ini.

Liga Super Indonesia:

(Tidak ada)

Divisi Utama:

Persiraja

PSAP

PSSB

Divisi I:

Persikaba

Persidi

PSBL

PSAB

PSLS

Divisi II:

PSAU

PSGL

Perskas

Persas

Persibamer

Persabar

Divisi III:

PSKBS

Persitas

Persati

PSAS

Persal

Persip

Persijaya

Persilatama

Persimura

PS Nagan Raya

PS Peureulak Raya

PS Pidie Jaya

Apa yang sesungguhnya terjadi?

6 Comments »

  1. 1

    betul sekali.. di Aceh Utara terdapat dua klub yang sama-sama mengusung nama kabupaten Aceh Utara yaitu PSAU Lhoksukon (Lhoksukon adalah ibu kota Aceh Utara) dan Persikaba Aceh Utara yang menggunakan Stadion PT Pupuk Iskandar Muda di Krueng Geukeuh (saya belum mendapat data pasti tentang keberadaan stadion ini apakah di Aceh Utara atau Kota Lhokseumawe), sementara PSAU Lhoksukon menggunakan Stadion TUnas Bangsa di KOta Lhokseumawe. Jarak Lhoksukon dengan Lhokseumawe dapat di tempuh sekitar 1-2 jam saja.

    • 2
      novanmediaresearch Says:

      Adanya lebih dari satu perserikatan dalam satu daerah (kabupaten/kota) memang tidak hanya pada saat ini. Pada masa lalu juga ada ketika di Kabupaten Kepulauan Riau (Provinsi Riau) terdapat Persekri (Persatuan Sepak bola Kepulauan Riau) dan PS Tanjungbalai-Karimun. Tanjungbalai-Karimun merupakan karesidenan di dalam Kabupaten Kepulauan Riau.
      selain itu, ada juga di Kabupaten Lebak yaitu Persilebak dan Persira Rangkasbitung (Rangkasbitung sebagai ibukota Kabupaten Lebak).
      Namun, entah karena vakum atau tidak dan kita pun tidak terbiasa memelihara sejarah, nama-nama itu pun menjadi “hilang”.

  2. 3
    razi Says:

    dikarenakn ad 2 tim dari 1 kabupaten namun berbeda kota.

  3. 4
    hamzet Says:

    Itu mungkin disebabkan oleh perbedaan antara nama Kabupaten dg nama Ibukotanya. Yah seperti Aceh Utara yg ibukotanya adalah Lhoksukon (skrg msh di Lhokseumawe?). Kalo di Jawa lazim nama wilayah persis sama dg nama ibukota. Tapi akhir2 ini ada bbrp daerah kabupaten yg akan memindah ibukotanya ke daerah baru utk membedakan dg ibukota dari wilayah kota. Contoh Kabupaten Probolinggo akan memindah ibukota dr Probolinggo ke Kraksaan. Sementara Probolinggo merupakan ibukota dr Kota Probolinggo. Kemungkinan Kab Pasuruan akan memindah ibukota ke Bangil dan Kab Malang ke Kepanjen.
    Akankah ini kelak akan memunculkan 2 tim kembar yg sama2 dimiliki 1 pemkab menyusu APBD?

    • 5
      novanmediaresearch Says:

      Ya dan tidaknya saya nggak tahu🙂 Namun, saya kira, hal itu kembali pada “Konstitusi”-nya PSSI. Pendapat Sdr. Hamzet juga bisa (memungkinkan)….

  4. 6
    boy Says:

    yang bakal lebih anehnya lagi, kalau PSLS dan PSAB jadi masuk ke divisi utama tahun depan… karena mereka sedang di jalur itu, dan kalau PSAP dan PSSB ga degradasi, ada 5 tim aceh di divisi utama… bisa jadi tahun depan wilayah I jadi di dominasi tim2 aceh.. diganti aja namnya jadi LIGA ACEH hehehe.. aq pendukung PERSIRAJA BANDA ACEH lagi berjuang menuju Liga Super, biar ga jumpa kawan lama (baca: PSSB, PSAP, PSLS, PSAB) hehhehe… maju terus sepak bola indonesia……!!!


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: