Timnas “Darurat” sebagai Timnas Era Baru (1962): Indonesia vs Vietnam Selatan 1-2

Jakarta (Indonesia) telah ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games IV/1962. Khusus untuk cabang olahraga sepak bola, Indonesia (dalam hal ini, PSSI) telah bersiap untuk membentuk tim nasional (timnas)-nya.

Suasana ceria bagi Indonesia mulai muncul kembali pada 1961. Saat itu (April 1961), timnas Indonesia (junior) berhasil menjadi juara (bersama Burma) dalam Piala Asia Junior di Bangkok, Thailand. Agustus 1961, timnas Indonesia (senior) pun berhasil meraih juara Merdeka Games Cup di Kualalumpur, Malaysia. Lalu, perpaduan senior dan junior berhasil menjadi juara Aga Khan Cup di Dacca, Pakistan (Timur) —kini, Bangladesh.

Dengan pemain-pemain yang memadai dan cukup potensial itu, PSSI mulai melakukan beberapa percobaan (eksperimen) antara senior dan junior. Maka, lahirlah timnas Indonesia Banteng (senior) dan timnas Indonesia Garuda (junior). Ada kalanya, dibentuk pula Indonesia Kombinasi A dan Indonesia Kombinasi B.

Indonesia cukup beruntung. Pada 1962 (seperti tahun-tahun sebelumnya), Indonesia mendapat kunjungan tim-tim dari luar negeri untuk melakukan pertandingan uji coba (persahabatan). Diawali Torpedo Moskow (Uni Soviet), Yugoslavia Selection, Malmoe (Swedia), dan Petrolul (Rumania). Tidak hanya itu. Salah satu peserta Asian Games IV/1962, Thailand, turut berkunjung.

Sayang, desas-desus kasus yang pada masa sekarang ini disebut-sebut sebagai kasus suap mulai muncul ke permukaan. Timnas Indonesia hancur lebur. Pada masa krisis ini, Indonesia kedatangan Vietnam Selatan.

Apa boleh buat, PSSI harus membentuk timnas apa adanya. Pemain-pemain baru pun dikumpulkan. Lalu, lahirlah apa yang disebut timnas Indonesia “Darurat”. Inilah line-up ketika melawan Vietnam Selatan: Tjong (penjaga gawang), Ishak Udin, Matseh, Sian Liong, Liong Houw, Ipong, Mursabdo, Agam, Sonny Sandra, Fattah, dan Eddy Simon.

Hasilnya? Di Ikada, Jakarta (19 Februari 1962), Indonesia pun kalah 1-2 dari Vietnam Selatan.

2 Comments »

  1. 1
    Henry Says:

    Saat itu Vietnam Selatan merupakan tim level atas Asia, kipernya Pham Van Rang adalah kiper Asia All Star XI melawan Chelsea (menang 2-1) dan Fulham (kalah 0-1) di Malaysia…
    Skuad Asia All Star melawan Fulham.
    Asia XI: Van Rang/VS (Maung Tun/Myanmar), Jung Suk/KorSel, Tai Sung/???, Yousuf Khan/India, Jarnail Singh/India, Majid Ariff/Singapura, Suk Bahadur/Myanmar, Yoon Ok/KorSel, Chi Doy/HongKong, Thoi Vinh/VS, Van Ngon/VS.
    Setidaknya 3 pemain VS menjadi starter Asia AllStar…

    • 2
      novanmediaresearch Says:

      Masukan (informasi) yang bagus🙂 Terima kasih atas datanya. Kalau bisa “All Star” yang Indonesia juga.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: