NovanMediaResearch sebagai Sisi Lain dan Pelengkap

Dalam pekan-pekan terakhir ini, link-link kompetisi sepak bola Indonesia di blog NovanMediaResearch untuk beberapa divisi sering kali di-klik oleh para pengunjung. NMR menduga, pada masa-masa inilah para pendukung klub-klub peserta divisi “bawah” ingin memantau perjalanan klub-klub kesayangannya yang hampir menyelesaikan babak-babak pendahuluan. Sementara bagi pendukung klub-klub peserta divisi utama, mereka sedang memantau masa persiapan. Jadi, tentu saja ramai. Selain itu, ada juga kata kunci yang menjadi tantangan NMR untuk menelusuri dan menyajikannya dalam blog ini.

Namun, seandainya anda merasa kecewa karena data-datanya belum diperbarui (update) —maklum, inilah keterbatasan blog ini— ya, apa boleh buat, demikianlah adanya. Sejak DotCom (dan kini blog NovanMediaResearch) yang NMR kelola, (untuk sementara ini) blog ini memang dirancang hanya sebagai penyimpan file, bukan media online yang real time (meskipun dalam pengertian 2 atau 3 x 24 jam). Lebih tepatnya, blog ini hanya merupakan sarana untuk menyimpan dokumen (“arsip”) persepakbolaan Indonesia. Ibaratnya, FreeHosting dalam blog dimanfaatkan seperti MyDocument dalam Personal Computer. Kedua sarana (FreeHosting dan MyDocument) itu dimanfaatkan NMR sebagai penyimpan file NMR yang dihimpun selama ini. Bedanya, MyDocument hanya dinikmati oleh NMR sendiri secara pribadi, sedangkan FreeHosting dapat dinikmati oleh publik.

NMR sendiri mulai menghimpun data secara intens sejak tahun 2001 meskipun secara sekali-sekali sejak akhir 1980-an atau awal 1990-an. Bukan hanya mencatat data, tetapi juga daya ingat. Informasi-informasi jadul (jaman dulu) yang di-aktual-kan itulah yang disajikan dalam blog ini untuk “menutupi” keterbatasan tadi.

Jika anda merasa “aneh” dengan informasi-informasi yang disajikan dalam blog ini, NMR memang sengaja. Perhatikan kisah menjelang Piala Asia Junior (Pra Piala Asia U-19). Jika media lain ada yang menceritakan pertemuan Indonesia melawan Argentina dengan Diego Maradona-nya yang fenomenal di Piala Dunia Junior 1979, NMR malah menyajikan cerita Indonesia di Piala Asia Junior 1961. Perhatikan pula kisah menjelang Pra Piala Asia 2011. Jika media lain ada yang menceritakan pertemuan Indonesia melawan Kuwait di Piala Asia 1996 dan 2000 (apalagi, untungnya secara kebetulan event ini mengenai Piala Asia), NMR malah menyajikan cerita pertemuan Indonesia melawan Kuwait di Asian Games X/1986. Alasannya, antara lain untuk kedua event itu, NMR memperkirakannya akan lain daripada yang lain.

Mengapa NMR bercerita yang “aneh-aneh”? Ya, NMR tidak mau ikut-ikutan menyajikan informasi yang umum. Anggaplah ini positioning NMR. Bagaimana pun, NMR sangat menikmati informasi-informasi yang dimuat dalam media-media itu, tetapi sebagaimana biasanya NMR sendiri senang menyajikan informasi-informasi yang dimilikinya sebagai sisi lain dan pelengkap. Nah, karakter sisi lain dan pelengkap itulah yang diusung NMR.

Bukan itu saja. DotCom (2005) dan/atau blog (2009) yang dibuat NMR pun sesungguhnya memiliki beberapa alasan (latar belakang) ketika direncanakan untuk dibuat. Pertama, pada masa lalu, sepengetahuan NMR, di Indonesia belum ada website-website yang menyajikan data-data sepak bola Indonesia. Untuk mengisi kekosongan itulah NMR berupaya untuk membuatnya.

Kedua, ada kalanya data-data yang dikirimkan NMR kepada suatu pihak tidak dimuat. Mungkin pihak tersebut bingung karena yang mengirimkan data bukan hanya satu-dua orang. Malah, kalau pun melengkapi data (dan dimuat), hak cipta (copyright)-nya tetap pada penulis pertama. Dalam hal ini, bukan copyright-nya yang menjadi sorotan, tetapi “sumber cerita” dari sang copyright-er itu. Untuk lebih jelasnya, simaklah alasan ketiga.

Ketiga, berkaitan dengan alasan kedua sebagai sorotan (perihal “sumber cerita”). Blog NovanMediaResearch biasanya menyajikan “catatan-catatan”. Catatan-catatan yang bertanda *) atau ***) dan berwarna merah ini menerangkan latar belakang apa (sebelumnya) yang mengakibatkan latar belakang apa (sesudahnya). Ini merupakan ciri khas NMR. Setiap kisah disusun secara kronologi agar tidak terjadi “bolong-bolong” dalam kisahnya. Dengan kata lain, ada hubungan sebab akibat antarperistiwa. Misalnya, mengapa pertandingan dimundurkan, mengapa tempat pertandingan dipindahkan, dan sebagainya. Alasan ketiga inilah yang juga dimaksudkan NMR sebagai sisi lain dan pelengkap. Maksudnya, ini versi NMR, ini versi A, ini versi B, dan seterusnya. Bervariasi dan semua pihak dapat mempertanggungjawabkan berdasarkan argumentasinya masing-masing. Setiap penggemar (baca: pencari data) pun dapat menafsirkan data-data yang ditemukannya (antara lain dalam blog ini) secara leluasa. Bagi NMR, hal ini sepele, tetapi dalam waktu yang berbeda dapat mem-“belok”-kan sejarah.

Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan, NMR akan melengkapinya lagi. NMR berencana untuk mengunjungi kembali, antara lain PSSI di Senayan (Jakarta) untuk memperoleh data-data kompetisi sepak bola Indonesia dari berbagai divisi dan dari tahun ke tahun. Mudah-mudahan juga ada bukunya J

Buku hasil lengkap pertandingan sepak bola di Indonesia memang pernah NMR lihat. Paling tidak dari cover bukunya. Pada tahun 2001 dan 2004 misalnya, NMR sempat berkunjung ke perpustakaan tabloid Bola. [Pada kunjungan tahun 2004 pun muncul pertanyaan yang berkesan bagi NMR (kalimatnya lebih kurang): “Mas, kalau mau data-data sepak bola Indonesia, sudah lihat RSSSF belum?” Padahal, NMR berkunjung ke sana justru mau mencari-cari atau check and recheck sumber yang selama ini NMR kirim ke RSSSF]. Ternyata, di sana, NMR melihat buku-buku sepak bola, antara lain buku Galatama periode II (kalau tidak salah). Sayang, karena waktu yang terbatas, NMR belum sempat melihat isi bukunya karena pada saat itu sedang berkonsentrasi untuk melihat-lihat tabloid Bola edisi perdana.

Baca juga:

Bagaimana NMR Mengelola Data?

3 Comments »

  1. 1
    Washal Falah Says:

    mas novan keren pisan ini teh..
    saya jadi kepikiran buat nawarin pembuatan web sama mas novan

    keuntungannya sebagai berikut Mas,
    hostingnya HANYA 330 rb per-tahun, mas budah dapet sebuah website dengan nama domain pilihan anda sendiri, contoh www.(nama-anda).com, yang akan sangat bermanfaat untuk menampilkan informasi produk atau usaha anda secara online. dan anda bisa mengelolanya sendiri dengan mudah!
    1.Bandwidth Unlimited
    2.Space 25 halaman, 10 panel, 25 kategori, 25 custom form, 500 artikel dan 100 ribu komentar
    3.Email 50 email dengan nama website anda support by google
    4.Theme yang sangat banyak dan menarik sehingga member cukup isi conten dan gambar!
    5.CMS ( Conten Manajemen System ) yang sangat memudahkan member mengelola websitenya secara pribadi tanpa butuh bantuan seorang webdeveloper atau webdesigner.
    Untuk mengetahui lebih lanjut bisa hubungi saya (Falah) di 08112223332 atau 022 60888222

    nuhun banget, sugan tiasa dipelajari heula…

  2. 2
    Anonim Says:

    om punya image logo2 tim dulu gak?

    • 3
      NovanMediaResearch Says:

      Tidak punya. Yang pernah saya tampilkan Warna Agung dan Assyabaab Salim Group. Kalau tidak salah, pada 1992, tabloid BOLA pernah menampilkan profil klub-klub Galatama plus logonya. Kalau Perserikatan, semua logo pemda. Mungkin bisa kontak ke PINO (Pusat Informasi Olahraga)-nya🙂 Saya sendiri belum pernah mencobanya, kecuali meminta salinan tulisan saya yang pernah dimuat di media tersebut (dan diberi). [Catatan: Sampai saat ini saya masih belum menemukan logo-logo klub Indonesia di surat kabar lama, kecuali Warna Agung dan ASGS (itu sebelum internet merebak di Indonesia. Namun, ketika Googling, ternyata gambar-gambarnya tidak jauh berbeda.]


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: