Sepak bola Sumbar: Kota Padang adalah Rajanya

Tahun ini, tepatnya tanggal 30 September 2009 lalu, sebagian daerah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mengalami bencana alam gempa bumi. Dampaknya, persepakbolaan di sebagian wilayah Sumbar pun terhenti. PSPP Padang Panjang dan PSP Padang misalnya yang tidak dapat mengikuti Divisi I Liga Indonesia 2009.

Dalam konteks prestasi, nama Sumbar tercatat sebagai juara Piala Pemuda KNPI II/1980 dan runner-up-nya pada Piala Pemuda KNPI III/1981 (di final kalah dari Jawa Timur 1-2). Sementara prestasi dalam tingkat klub, prestasi di persepakbolaan Sumbar tidak akan jauh-jauh dari Kota Padang.

Di kota inilah dua tim (PSP dan Semen Padang) menjadi raja Sumbar. PSP tercatat sebagai juara Divisi I LI 1996. Sementara Semen Padang tercatat sebagai juara Divisi I Galatama 1983 dan Piala Galatama (sebelumnya, Piala Liga) VI/1992. Bukan itu saja. Malah Semen Padang pun pernah menjadi juara Piala Walikota Padang pada akhir tahun 1980-an.

Dalam turnamen yang digelar pertama kali pada 1983 itu, Semen Padang berhasil menjadi juara pada akhir tahun 1980-an (1988, 1989, dan 1990).

3 Comments »

  1. 1
    zie Says:

    yo baa jo lai,…

  2. 2
    novanda Says:

    ba do’a se semen padang ka liga super…..

  3. 3
    Afdal Aulia Padang Says:

    Pada Tahun 70-an sampai pertengahan 90-an persepakbolaan pulau Sumatera hanya didominasi 4 provinsi… Aceh (Persiraja banda Aceh dan Aceh Putra Galatama).. Sumatera Utara (PSMS Medan dan PSDS Deli Serdang di kompetisi perserikatan…Pardedetex, Mercu Buana dan medan Jaya di level galatama)… Sumatera Barat (PSP Padang dan Semen Padang Galatama) dan PS,Bengkulu di kompetisi perserikatan)


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: