Australia vs Indonesia (1959): Debut yang Batal

Menurut jadwal, timnas Indonesia akan bertanding melawan tuan rumah Australia dalam pertandingan terakhir di Pra Piala Asia 2011 pada hari Rabu, 3 Maret 2010 mendatang. Namun, sebelum itu, mari kita mengenang salah satu kisah masa lalu.

Olimpiade 1956 di Melbourne (Australia) sudah tiga tahun berlalu. “Hari ini”, di bulan September 1959, timnas Indonesia sedang bersiap diri dalam Putaran I Babak (Round) I Zona Asia Pra Olimpiade 1960 di Roma (Italia).

Lawannya? Australia! Tempatnya? Di Australia. Ya, bagi kedua tim (Indonesia dan Australia), boleh jadi pertemuan ini merupakan pertemuan yang pertama (debut).

FIFA pun telah menyusun jadwal untuk Zona Asia.

Pool I: Korea dan Jepang

Pool II: Indonesia dan Australia

Pool III: Muangthai dan Taiwan

Pool IV: Afghanistan dan India

Pool V: Turki, Irak, dan Libanon

Dalam berita-berita masa itu, FIFA dianggap telah berusaha sebijaksana mungkin untuk menghindarkan “pertikaian politik” antarpertandingan seperti pernah dialami pada Piala Jules Rimet (Piala Dunia) 1958.

Menurut rencana, pertandingan Australia vs Indonesia akan digelar pada 27 September 1959 di Australia (Putaran I). Lalu, putaran II akan berlangsung pada November 1959 di Indonesia.

Lalu, siapa saja pemain timnas Indonesia yang dipanggil?

Dalam menghadapi Australia, PSSI memanggil 16 pemainnya yaitu Joes (Padang), Maulwi Saelan, Thio Him Tjiang, Tan Liong Houw (Jakarta), Kwee Kiat Sek, Rukma, Omo, Witarsa (Bandung), Surjadi (Malang), Phoa Sian Liong (Surabaya), Iljas (Parepare), Ramang, Noorsalam, Suwardi, Kurnia, dan Idris Mapakaja (Makassar). Seandainya di antara 16 pemain itu berhalangan, masih ada nama-nama lain yang disebut-sebut seperti Fattah Hidajat (Bandung), Oei Sik Tjong, Sampara, Manan, dan Itjing (Makassar).

Tampak dari beberapa nama itu, para pemain PSM Makassar cukup mendominasi. Maklum, PSM merupakan juara Kejurnas PSSI (Perserikatan) 1959 yang baru berakhir pada 6 September 1959.

Sayang, pertandingan Australia vs Indonesia batal karena Australia menarik diri. Ya, sebuah debut yang batal. Sejarah pun mencatatnya demikian. Selanjutnya, di babak II, Indonesia harus bersiap diri menghadapi India.

1 Comment »

  1. 1

    MANTAP,..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: