Persewar: Juara Divisi III Liga Indonesia 2009/2010

Persewar Waropen berhasil menjadi juara Divisi III Liga Indonesia (LI) 2009/2010 setelah dalam babak final mengalahkan PS PPU Penajam Paser Utara 4-3 melalui adu tendangan penalti di Stadion Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur (Sabtu, 6 Maret 2010). Sebelumnya, dalam pertandingan selama 2 x 45 menit, kedua tim bermain imbang 1-1. Persewar unggul lebih dahulu melalui gol Jefry Haay (menit 18) dan disamakan Hendra Saputra (PS PPU) pada menit 68.

Sebagaimana Divisi I LI 2009/2010 (baca: berita Persekam Metro FC), babak final Divisi III LI 2009/2010 pun disiarkan secara langsung (live) oleh TVRI. Seperti di Divisi I LI 2009/2010, NMR pun ingin mengulas hal-hal menarik yang berkaitan dengan nama-nama tim di Divisi III LI 2009/2010 ini.

Di pojok kiri atas layar monitor TVRI (di mana kita memandang) terdapat tulisan: Penajam vs Persewar. Lalu, di tengah layar monitor terdapat tulisan: Penajam Paser Utara vs Persewar Waropen Papua Barat. Kok lengkap sekali ya? Meskipun lengkap, tampak tidak konsisten. Mengapa tidak ditulis PS Penajam Paser Utara Kalimantan Timur vs Persewar Waropen Papua Barat? Atau mengapa tidak ditulis PS Penajam Paser Utara vs Persewar? Atau cukup, PS PPU vs Persewar. Tampak tidak konsisten, bukan? Oh ya, di kaos setiap tim tertulis: Penajam Paser Utara dan Persewar.

Selain itu, di papan skor (di dalam stadion) terdapat tulisan: PS PPU vs Persewar. Nah, terlepas dari salah atau benar tulisan tersebut, NMR tampaknya lebih memilih tulisan ini saja (baca: PS PPU vs Persewar). Alasannya? Konsisten! Nama tim vs nama tim. Atau kalau mau jelas, PS PPU Penajam Paser Utara vs Persewar Waropen. Atau kalau perlu, PS PPU Penajam Paser Utara Kalimantan Timur vs Persewar Waropen Papua (Barat). Sama, bukan? Sejajar, begitulah istilahnya.

Lalu, mengapa NMR (dalam beberapa halaman blog terdahulu) masih suka sekali dengan kata-kata: “…terlepas dari salah atau benar…?” Jawabannya, hanya satu: karena tidak ada administrasi yang dapat menjadi rujukan atau panduan baku. Perhatikan saja “kesalahan-kesalahan” tersebut di situs web PSSI, media massa, atau bahkan NovanMediaResearch sendiri.

Kalaupun akhirnya NMR membahas atau “meluruskan” informasi tersebut, hal itu hanya berdasarkan kemampuan seadanya saja. Misal, kenapa Persewar dinyatakan sebagai tim dari (Kabupaten Waropen) Provinsi Papua Barat? Bukankah Persewar merupakan tim dari Provinsi Papua? Perhatikan saja UU No 26 tahun 2002 tentang Pembentukan… Kabupaten Waropen… di Provinsi Papua. (Kabupaten Waropen merupakan satu dari 14 kabupaten baru di Provinsi Papua yang diundangkan dalam UU No. 26 tahun 2002 tersebut).

Begitupun dengan tim dari Kabupaten Penajam Paser Utara. Kenapa tim itu hanya ditulis PS Penajam? Perhatikan saja UU No. 7 tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur.

Ya, NovanMediaResearch memang tidak sekadar blog sepak bola Indonesia. Akan tetapi, untuk “meluruskan” fakta-faktanya memerlukan “ilmu bantu”, seperti peraturan perundang-undangan misalnya. Selain peraturan perundang-undangan, informasi-informasi yang diperoleh dari hasil riset merupakan salah satu andalan blog ini untuk memperkuat positioning-nya. Ah…, seperti bisnis saja. Ya, inilah blog. Saya lebih menikmati “curahan hati” di blog daripada DotCom yang “gaya penulisannya” terlalu formal —meskipun, tentu saja, tidak selalu begitu.

Selamat untuk Persewar! Maju terus sepak bola Indonesia!

2 Comments »

  1. 1

    wah selamat ya buat persewar, promosi donk…

  2. 2
    jara Says:

    gw suka blog U…


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: