Ragam Kisah Sejarah Pendirian PSSI

Dalam sepuluh hari ke depan, tepatnya tanggal 19 April 2010, PSSI (Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia) akan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-80. Berkaitan dengan hal itu, NMR mencoba untuk menulis ulang secara singkat beberapa “karya tulis” tentang pendirian PSSI itu. Bukan apa-apa, PSSI pun ternyata paling tidak memiliki dua versi sejarah PSSI. Versi pertama, tulisan Kombes Abdul Rachman (Ketua II PSSI) yang dimuat di majalah “Olahraga” edisi 28 April 1965. Versi kedua, tulisan Kol. C.P.M. M. Saelan (Ketua Umum PSSI) yang dimuat di majalah “Olahraga” edisi 5 Mei 1965. Dari kedua versi itu tampak perbedaan di sana sini —meskipun tidak terlalu berpengaruh banyak.

Selain kedua tulisan itu, ada pula tulisan yang disajikan majalah “Aneka” edisi 20 April 1960. Di dalam edisi tahun 1960 itu, antara lain terdapat dua sumber, yaitu pertama, kutipan dari surat kabar “Bintang Mataram” edisi 22 s.d. 24 April 1930 dan kedua, kutipan dari surat kabar “Sedio Tomo” edisi 26 April 1930.

Nanti di akhir tulisan halaman blog ini, NMR pun mencoba untuk turut menyajikannya. Bahan tulisan yang disajikan NMR ialah majalah “Pandji Poestaka” edisi 2 Mei 1930 yang diperoleh NMR sebagai hasil penelusuran yang dilakukan dalam waktu satu bulan terakhir ini. Sesungguhnya masih ada tulisan-tulisan lain yang disajikan sumber-sumber lain. Namun, seperti biasa, ada kesan mengutip satu sama lain. Hal yang wajar dan (ilmu) pengetahuan akan selalu berkembang. Akan tetapi, jagalah sejarah dan jangan sampai “bengkok” atau “dibengkokkan”. Demikian, salam, dan selamat menikmati.

Pentingnya Memahami Sedjarah Persepakbolaan

[Kombes Abdul Rachman (Ketua II PSSI)

“PSSI lahir dengan dukungan 6 bond nasional jaitu bond2 dari Sala (PERSIS), Jogja (PSIM), Surabaja (SIVB), Persebaja sekarang, Bandung (BIVB –Persib sekarang), Madiun (PSM), Djakarta (VIJ –Persidja sekarang).”

Madju Terus Pantang Mundur

[Kol. C.P.M. M. Saelan (Ketua Umum PSSI)

“35 tahun jang lalu PSSI dilahirkan atas hasil permufakatan 7 Perserikatan Sepakbola dari tudjuh kota dipulau Djawa ini, jaitu VBIJ/Voetbal Bond Indonesische Java (Djakarta), SIVB/Surabaja Indonesische Voetbal Bond (Surabaja), IVB/Indonesische Voetbal Bond (Magelang), PSM (Jogjakarta), VVB/Verenigde Voetbal Bond (Surakarta) dan MVB/Madiun Voetbal Bond (Madiun).”

Pendirian Voetbalbond Indonesia PSSI

(Surat kabar “Bintang Mataram” edisi 22 s.d. 24 April 1930)

“Pada malam Minggoe tanggal 19 djalan 20 ini boelan, di sociteit Hande Projo telah diadakan conferentie antara bestuur beberapa Voetbalbond Indonesier, jang perloenja boeat dirikan badan persatoean seperti adanja NIVB atawa Hwa Nan Voetbalbond jang kirim wakil ada 7 voetbalbond, Bandoeng (BIVB), Mataram (PSM), Soerakarta (VVB), Djakarta (VIJ), Soerabaja (SIVB), Madioen (MVB) dan Magelang (IVB).”

Vergadering Pendirian Voetbalbond Indonesier di Mataram

(Surat kabar “Sedio Tomo” edisi Saptoe 26 April 1930)

“Sebagaimana diketahoei, di harian Paschen di Djokja telah diadaken stedenwedstrijden boeat reboet kampioenschap dari voetballer Indonesier. Itoe initiatief soedah diatoer oleh voetbalbond PSM. Lantaran roepanja soedah sampai temponja boeat golongan Indonesier adakan voetbalbond sematjam Hwa Nan VB atau NIVB, jg dengen tetap bikin stedenwedstrijden saban-saban tahoen, maka pada malam Minggoe tgl 20 dezer, di sociteteit Hande Projo telah diadaken conferentie oleh beberapa bestuur dari voetbalbond VBIJ Betawi, SIVB Soerabaja, IVB Magelang, BIVB Bandoeng, PSM Mataram, VVB Soerakarta dan MVB Madioen.

Djam 9 voorzitter PSM toean Daslam boeka vergadering seperti biasa…”.

Indonesische Wedsrijd

(Majalah “Pandji Poestaka” edisi 2 Mei 1930)

“Voetbalbond Indonesia di Mataram soedah mengoendang beberapa Indonesische Voetbalbond jang masih berdiri dan oetoesan-oetoesan dari berbagai-bagai tempat, boeat membitjarakan satoe organisatie diantara Voetbalbonden bangsa kita.

Initiatief itoe mendapat toendjangan banjak dimana voetbalbonden mengirimkan oetoesannja ke Djokja, seperti dari: Betawi, Bandoeng, Soerabaja, Malang, Madioen dan Mataram sendiri.”

Ya, itulah tentang bond-bond pendiri PSSI (Persatoean Sepak raga Seloeroeh Indonesia). Di luar itu, antara lain, masih ada tempat-tempat kongres PSSI yang tidak sama dengan tahun-tahun penyelenggaraannya. Dan….

1 Comment »

  1. nice blog..visit our blog please..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: