Masih Adakah Monumen PSSI di Yogyakarta itu?

“Di sudut stadion Mandala Krida Yogyakarta yang tengah dibangun, tegak terpancang sebuah bangunan terbuat dari bahan batu dan semen. Cukup sederhana bentuknya. Sebuah bola disangga bunga teratai yang terletak di tengah kolam kecil. Monumen itu nampak tak terurus. Beberapa bagiannya rusak. Kolamnya juga tak pernah berisi air. Tetapi bagi PSSI yang tanggal 19 April pekan lalu usianya mencapai genap setengah abad, monumen itu punya arti nilai sejarah tersendiri.

Tidak diperoleh keterangan, berapa biaya pembangunannya, berapa lama, dan siapa yang memprakarsainya. Yang jelas sesaat setelah membuka Kongres Luar Biasa PSSI bulan April dua puluh lima tahun yang lalu di Yogyakarta, Presiden Soekarno berkenan meresmikan monumen tersebut dan sekaligus meresmikan sebuah wisma yang terletak di dekatnya…”.

Dua paragraf tadi diambil dari surat kabar “Pikiran Rakyat”. Judulnya: “Selamat Berpisah Monumen PSSI! Diresmikan Presiden, Tak Terurus dan Akan Dibongkar”. Sayang, catatan edisinya “hilang”. Yang jelas, informasi tadi diambil dari edisi April 1980 yang NMR dapatkan pada tahun 2002 atau 2003. Kalaupun ada, ini dia catatan jejaknya: “Pikiran Rakyat” edisi 6 Jumadil Akhir 1400 H – Jumadil Akhir 1912. Catatan edisi ini tercantum di pojok halaman kanan, sedangkan catatan edisi “hari dan tanggal”-nya (baca: kalender Masehi) yang biasa tercantum di pojok halaman kiri tidak terfoto kopi🙂

Mengapa NMR mengangkat tulisan ini? Kebetulan dalam riset pada bulan Maret 2010 di Jakarta, NMR menemukan berita tentang peresmian Monumen PSSI ini dari media edisi 1950-an. (Sekali lagi sayang, NMR lupa untuk mencatatnya). Berita itu seakan mengingatkan kembali.

Keinginan untuk konfirmasi kebenaran “hilang”-nya Monumen PSSI itu sudah sejak lama (sejak diketahui dari informasi “Pikiran Rakyat” tersebut), tetapi sampai saat ini NMR belum berkesempatan untuk melihatnya secara langsung ke Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Khususnya kepada masyarakat DIY dan pencinta PSIM Yogyakarta tentunya, masih adakah Monumen PSSI itu? Mohon untuk dibantu informasinya.

4 Comments »

  1. 1
    feri istanto Says:

    monumen dan bangunannya masih… sekarang menjadi bagian dari mess pemain PSIM Yogyakarta. Letaknya di utara stadion Mandala Krida.

  2. 3
    phery Says:

    masih ada kok. walah, keduluan sama mas pei

  3. 4
    aenoza Says:

    belum lama ini malah sudah direnovasi kq gan
    udah ada tulisannya monumen PSSI
    jadi satu komplek dengan mess PSIM,


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: