Piala Indonesia 2010: Mengulang Piala Liga

Piala Indonesia 2010 akan segera digelar mulai 14 April 2010 mendatang. Piala Indonesia edisi kelima ini diikuti 32 tim. Mereka terdiri dari seluruh peserta Liga Super Indonesia 2009/2010 (18 tim), peringkat ke-1 s.d. ke-4 setiap grup Divisi Utama Liga Indonesia (LI) 2009/2010 (12 tim), serta juara dan runner-up Divisi I LI 2009 (2 tim). Sebagai catatan, Persekam Metro FC Malang (juara Divisi I LI 2009) mengundurkan diri. Tempatnya diisi oleh PSBI Blitar (peringkat ke-9 Divisi Utama LI 2009/2010) yang jauh-jauh hari menawarkan diri menjadi salah satu tuan rumah babak penyisihan Piala Indonesia 2010.

Melihat fakta-fakta bahwa babak penyisihan Piala Indonesia 2010 akan dibagi ke dalam beberapa grup dengan sistem home tournament, kita tentu akan mengingatkan kembali pada Piala Liga di era Galatama. Apalagi, PSBI yang ditunjuk PSSI merupakan salah satu cerita unik yang juga dialami dalam Piala Liga (dalam konteks lain).

Piala Liga I/1985 misalnya, ada sepuluh tim yang ikut serta. Ke-10 tim tersebut dibagi ke dalam dua wilayah (barat dan timur) yang setiap wilayahnya terdiri dari lima tim. Wilayah barat yang bertanding di Padang terdiri dari Mercu Buana, Sari Bumi Raya, Warna Agung, Yanita Utama (karena “tutup buku” maka posisinya digantikan oleh Kramayudha Tiga Berlian), dan tuan rumah Semen Padang. Sementara wilayah timur yang bertanding di Makassar terdiri dari Arseto, Bali Yudha, NIAC Mitra, Perkesa ’78, dan tuan rumah Makassar Utama.

Kemana Indonesia Muda, Tunas Inti, dan UMS ’80 yang merupakan peserta Galatama V/1984? Indonesia Muda dan UMS ’80 membubarkan diri. Tunas Inti? Tunas Inti ternyata tidak ikut serta. Meskipun tidak ikut serta Piala Liga I/1985, Tunas Inti masih tetap mengikuti Galatama VI/1985.

Hal yang menarik tentu saja Sari Bumi Raya. Dalam Galatama V/1984, Sari Bumi Raya tidak ikut serta karena kesibukan pengurusnya. Sari Bumi Raya tidak keluar dari Galatama, tetapi karena kesibukan pengurusnya terlambat daftar sesuai ketentuan. Dalam perkembangannya, Sari Bumi Raya pun membubarkan diri dan tidak ikut serta dalam Galatama VI/1985.

Iklan

8 Comments »

  1. 1

    saya pernah nonton piala liga tahun 1989 disenayan,.diajak paman yang mau nonton penampilan KRAMAYUDHA TIGA BERLIAN PALEMBANG,.saat itu satu hari ada 3 pertandingan,.saya ingat partai pertama KRAMAYUDHA lawan LAMPUNG PUTRA menang KRAMAYUDHA adu pinalti,.partai kedua tak kalah seru PELITA JAYA-NIAC MITRA 3-1,.partai terakhir PUSRI PALEMBANG-PALU PUTRA saya nggak ingat skornya karena hanya nonton stengah babak,.saat itu saya masih SD,… kenangan yg indah,.saat itu senayan penuh sesak oleh penonton,… dan kalo tak salah juaranya akhirnya kramayudha,…

  2. 3
    aguz banderaz Says:

    seingat saya kramayudha vs pelita jaya bung grandfinalnya,…putra samarinda (dulu putra mahakam) baru berkompetisi musim 1990/1992 di galatama,.

    • 4
      novanmediaresearch Says:

      Anda benar. Di grandfinal, KTB vs Pelita Jaya 2-1 (Peri Sandria 26, Kashartadi 81; Bonggo Pribadi 39).
      Di babak penyisihan grup pun, KTB vs Lampung Putra. Benar, meskipun kalau adu penalti aneh juga. Lalu, Pelita Jaya vs NIAC Mitra dan Pusri vs Palu Putra dirasa aneh. Bukankah mereka tidak satu grup? Atau…?

      • 5

        mungkin musim 1989-nya bung,..yang saya ingat dalam sehari saya menyaksikan 3 pertandingan tersebut di senayan bung,..coba anda bikin liputan khusus data pertandingan lengkap di blog ini bung piala liga per musim,..

  3. 6

    atau mungkin yang saya saksikan bukan piala liga tapi turnamen biasa tak resmi klub2 galatama saat itu

    • 7
      novanmediaresearch Says:

      Setelah di-check and recheck, ternyata pengalaman Aguz Banderaz itu terjadi pada Piala Liga 1988 (bukan 1989). Semifinal: KTB vs Lampung Putra 4-2 (adu penalti) dan Pelita Jaya vs NIAC Mitra 3-1. OK…?!

  4. 8

    mantafff,.hebat sekali data-data anda bung,..terima kasih sekali,..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: