PSKS = Persipura?

Dalam beberapa kesempatan, baik di dunia maya (kolom “Komentar” dan email) maupun di dunia nyata (obrolan atau pergaulan), NMR sering kali menulis atau mengucapkan istilah “data” atau “penelusuran data”. Kalau anda menganggap bahwa “data” itu berupa angka-angka, jelas itu salah atau secara halusnya kurang tepat.

Ya, istilah “data” yang selama ini NMR sampaikan “harusnya” dimaknai sebagai “informasi penting”. Jadi, bukan sekadar angka-angka. Alasannya, bisa saja “pernyataan-pernyataan” atau “peristiwa-peristiwa” merupakan informasi penting yang kadang disebutnya sebagai data —terlepas dari sifat/hakikat makna data itu sendiri. Jadi, jangan “salah paham”. Soalnya, kalau data itu dimaknai sebagai angka-angka, ya terlalu njelimet. Pusing.

Berkaitan dengan “informasi penting” itu pula, dalam kesempatan kali ini NMR ingin bercerita tentang PSKS (Persatuan Sepak bola Kotabaru dan Sekitarnya). PSKS adalah nama perserikatan (bond) dari provinsi Irian Barat (Irian Jaya/Papua). Ya, pada masa ini, Irian Barat telah kembali ke pangkuan ibu pertiwi, tanah air Indonesia tercinta.

Tampaknya, ada hal-hal yang menarik, yaitu Puncak Sukarna = kini, Puncak Jaya, Sukarnapura = Jayapura, dan Kotabaru = Jayapura.

Jadi, berkaitan dengan Jayapura, apakah PSKS itu merupakan nama awal Persipura (Persatuan Sepak bola Indonesia Jayapura)?

Dalam kisah lain, pada bulan November 1962, PSKS mengadakan pertandingan segitiga di Kotabaru (Irian Barat). Dalam pertandingan segitiga itu, PSKS berhasil mengalahkan Tim Pasukan Pakistan 1-0 dan Tim Kontinent Indonesia 6-0. Sementara Tim Kontinent Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Tim Pasukan Pakistan.

  1. PSKS [Kotabaru (Indonesia)] 2 2 0 0 7-0 4
  2. Tim Pasukan (Pakistan) 2 0 1 1 2-3 1
  3. Tim Kontinental (Indonesia) 2 0 1 1 2-8 1

Dalam hari-hari berikutnya, PSKS berkunjung ke Pulau Jawa untuk memperkenalkan diri. Pelatih PSKS, Albert Mandosir pun mengatakan: “Maksud kami datang ke Jakarta dan kota-kota lainnya bukanlah untuk mencari kemenangan, tetapi untuk memperkenalkan diri dan belajar tentang teknik sepak bola dari saudara-saudara kami yang begitu lama terpisah.”.

Dalam debutnya di Pulau Jawa (baca: Bogor, Jawa Barat), menjelang turnamen segitiga dengan Persija (Jakarta) Junior dan Persib (Bandung) Junior, PSKS berhasil menang 4-3 (1-1) atas PSB Bogor.

Lalu, inilah hasil turnamen segitiga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta:

10 Februari 1963: PSKS vs Persib Junior 2-7 (1-4)

11 Februari 1963: Persib Junior vs Persija Junior 2-2 (0-2)

12 Februari 1963: Persija Junior vs PSKS 4-1 (3-0)

  1. Persib Junior 2 1 1 0 9-4 3
  2. Persija Junior 2 1 1 0 6-3 3
  3. PSKS 2 0 0 2 3-11 0

Setelah itu, PSKS pun mengunjungi Yogyakarta dan Malang. Di Yogyakarta, PSKS bermain imbang 2-2 (1-2) dengan PSIM Yogyakarta dan di Malang, PSKS menang 2-1 (0-1) atas Persema Malang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: