Asian Games IV/1962: Timnas Indonesia Kalah Karena Undian?

Apakah anda telah membaca Asian Games IV/1962 yang Penuh Misteri? Simak pula diskusi-diskusinya di kolom “Komentar”.

Antara tahun 2005 dan 2007, sebagaimana biasa, NMR menerima email dari anda. Kalau tidak salah, si pengirim email itu mengaku berasal dari Lampung (atau Surabaya?). Ia pun menyampaikan pertanyaan tentang “keanehan” klasemen Vietnam Selatan dan Malaysia (serta Indonesia) di Asian Games IV/1962. Di dalam email itu, Ia kemudian menyertakan tautan link-nya.

Bagi pemerhati sepak bola Indonesia, terutama para pencari data melalui search engine, tentu anda tahu nama atau alamat situs web (website) tersebut. Pada saat itu, kepada si pengirim email, NMR pun menanggapinya berdasarkan informasi-informasi “umum” yang biasa disajikan oleh beberapa surat kabar di Indonesia, termasuk melalui obrolan-obrolan.

Tiga hingga lima tahun kemudian, kini di tahun 2010, ketika NMR melakukan riset kembali (karena ada “tugas khusus”), NMR pun menyampaikan penemuannya kepada anda. Maka, lahirlah artikel tadi (Asian Games IV/1962 yang Penuh Misteri).

Dalam perkembangannya pula, ternyata ada fakta-fakta “baru” lain yang ditemukan. Informasi “terbaru” itu ialah bahwa kegagalan timnas Indonesia di Asian Games IV/1962 karena kalah melalui undian. Dengan kata lain, undian itu tidak hanya diterapkan pada Vietnam Selatan dan Malaysia untuk menentukan peringkat ke-1 dan ke-2 dalam grupnya, tetapi juga Indonesia.

[Sementara itu, perihal “Skandal Senayan”, mudah-mudahan kelak NMR akan membahasnya. Saat ini, ada dua latar belakang penyebab yang masih simpang siur, yaitu (1) “ketika melawan Malmoe (Swedia)” atau (2) “sehingga kalah 2-3 dari Malaysia”].

Kutipan berita ketika Asian Games IV/1962:

“…Indonesia, Malaya dan Vietnam Selatan telah saling kedjar-mengedjar untuk keluar dalam babak semifinal. Vietnam Selatan jang semula telah ‘tersandung’ pada Indonesia achirnja telah berhasil lebih dahulu ‘mengamankan’ dirinja diatas Malaya dan Indonesia. Dan kertas2 undian achirnja berkuasa menentukan ‘nasib’ Indonesia jang tidak lebih beruntung daripada Malaya, regu jang menundukkannja pula dalam babak penjisihan, dan memiliki angka2 kemenangan dan goal average jang bersamaan…” (Majalah Olahraga dan Film “Aneka” edisi No. 25 Tahun Ke-XIII, 1 September 1962)

Kutipan berita ketika Merdeka Games 1962 (seusai Asian Games IV/1962):

“…Indonesia adalah pemegang gelar djuara ‘Merdeka Games’ tahun jl., dan kini mesti mempertahankan gengsinja itu. Kemudian apabila djago2 kita bertolak ke Kualalumpur, mereka menghadapi pula suatu kesempatan untuk menebus ‘kesialannja’ dan membuktikan bahwa nasib kesebelasan Indonesia dalam AG IV jbl. Sesungguhnja hanja didjatuhkan oleh suatu undian…” (Majalah Olahraga dan Film “Aneka edisi No. 26 Tahun Ke-XIII, 8 September 1962)

“Benar” atau “Salah”, NMR kembalikan kepada anda. Kalau perlu, jadikanlah informasi NMR ini sebagai sisi lain untuk kemudian “disempurnakan” oleh fakta-fakta lainnya yang anda temukan.

Baca juga:

RSSSF

Asian Games IV/1962 yang Penuh Misteri

1 Comment »

  1. 1
    Abdul Hamid Says:

    Benar bung, sumber wikipedia juga mengatakan “Malaya won a draw for second place against Indonesia on 30 August (necessary as they were both equal on points and goal average)”

    sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Football_at_the_1962_Asian_Games


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: