31 Agustus 1986-2010: Debut Pelita Jaya di Kompetisi Galatama

Tahukah anda bahwa pada tanggal 31 Agustus, 24 tahun yang lalu, Pelita Jaya melakukan pertandingan pertama (debut)-nya di kompetisi Galatama? Ya, dalam waktu yang bersamaan, 31 Agustus 1986 merupakan pertandingan hari pertama Galatama VII/1986-1987 (31 Agustus 1986 s.d. 11 Januari 1987).

Dalam pertandingan pembukaan itu, Pelita Jaya (Jakarta) mendapat kehormatan untuk menghadapi juara Galatama periode sebelumnya (VI/1985) Kramayudha Tiga Berlian (Palembang). Pertandingan yang digelar di Stadion Persija, Menteng (Jakarta Pusat) itu, tim yang diasuh oleh Rahim Soekassah, Bertje Matulapelwa, dan Benny Dollo berhasil mengalahkan Kramayudha Tiga Berlian asuhan Abdul Kadir 1-0. Gol tunggal kemenangan Pelita Jaya dicetak oleh Bambang Nurdiansyah —kelak, “BN” menjadi pendiri dan pemimpin kelompok suporter Pelita Jaya di era Galatama, The Commandos.

Dalam perjalanannya, Pelita Jaya sering kali berganti nama dan berpindah homebase. Sebutlah Pelita Jaya (Jakarta), Pelita Jakarta (Jakarta), Pelita Bakrie (Jakarta), Pelita Solo (Solo), Pelita Krakatau Steel (Cilegon), Pelita Jaya (Purwakarta), Pelita Jaya Jawa Barat (Bandung), dan Pelita Jaya Jawa Barat (Karawang). Kabarnya, kini, Pelita Jaya yang sempat memakai nama Pelita Jaya (Lampung) itu bernama Pelita Indonesia. Sayang, ketiadaan administrasi di PSSI (?) membuat kita sulit untuk melacaknya. Jangan lupakan pula, logo Pelita Jaya di situs web PT Liga Indonesia masih mencantumkan “Purwakarta”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: