Piala Asia U-16 Tahun 1990: Prestasi Terbaik Indonesia U-16

Hari Selasa, 19 Oktober 2010, timnas Indonesia U-16 bertolak menuju Uzbekistan. Tentu saja, mereka pergi dalam rangka Piala Asia U-16 tahun 2010.

Untuk sementara, mari kita lupakan keterpurukan timnas Indonesia U-16 asuhan Mundari Karya ini ketika bertanding di Piala AFF U-16 tahun 2010 di Solo (20-26 September 2010). Sekarang, mari kita kenang timnas Indonesia U-16 ketika mengikuti Piala Asia U-16 tahun 1990. Di Piala Asia U-16 tahun 1990 inilah merupakan prestasi terbaik timnas Indonesia U-16 hingga saat ini. Ya, dalam Piala Asia U-16 edisi IV di Uni Emirat Arab, tepat 20 tahun yang lalu, timnas Indonesia U-16 menempati peringkat “4 Besar” Asia. Prestasi ini merupakan sejarah bagi timnas Indonesia U-16. Bagaimana pun baik-buruk-nya timnas Indonesia U-16, semoga kisah ini dapat memberikan semangat kepada timnas Indonesia U-16 bahwa Indonesia pernah memiliki sejarah bagus dalam Piala Asia U-16.

Pada masa ini, Indonesia bergabung dalam Grup II bersama Korea Selatan, Qatar, dan juara bertahan Arab Saudi. Namun, dalam perkembangannya, Arab Saudi mengundurkan diri. Sementara itu, India, China, Yordania, dan tuan rumah Uni Emirat Arab tergabung dalam Grup I.

Di babak penyisihan, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Korea Selatan dan 0-0 dengan Suriah. Sebagai runner-up Grup II, Indonesia pun lolos ke babak semifinal.

Sayang, menghadapi tuan rumah Uni Emirat Arab di babak semifinal, Indonesia kalah 0-2 (26 Oktober 1990). Indonesia pun harus puas menempati peringkat ke-4 setelah dalam perebutan peringkat ke-3 dan ke-4 dikalahkan China 0-5 (28 Oktober 1990). Seandainya Indonesia U-16 mampu menempati peringkat “3 Besar”, tentu mereka akan mengikuti Piala Dunia U-17.

Pada masa ini, Indonesia U-16 asuhan H. Nuni Martasaputra (manajer), Drs. Sofyan Rosyad (asisten manajer), dan pelatih [Parhim, Muhardi, dan Drs. Indra M. Thahir (fisik)] berkekuatan 20 pemain. Mereka adalah Azis, Hendra Komara, Uci Sanusi, Abdul Rachman, Sugandi, Albert Rudiana, Agus M. Alfandi, Erry, Abraham Aufa, Hendro Kisworo, Solikhan, Dahlan Jalil, Sugih Utomo, Surono, Agus, Eko Purjianto, Desman Sagala, Nur Syamsu, Dhori, dan Muhamad Yani.

Mereka telah meletakkan sejarah bagus bagi Indonesia U-16.

4 Comments »

  1. 1
    aguz banderaz Says:

    dari nama tim u-16 tahun 1990 tersebut yang teringat DAHLAN JALIL kapten dan bintang utama tim persiraja era 1990an,.mengangkat persiraja promosi dari divisi I ke divisi utama tahun 1992,.Hendra komara akhirnya jadi bagian di salah satu tim persib terbaik sepanjang sejarah era 1990an,.uci sanusi malang melintang bersama persita tangerang,.hendro kisworo berkutat di tim2 jawa tengah seperti PSIS dan BPD Jateng galatama,..

  2. 3
    saiful cah pondok karangrejo Says:

    bagaimana ini indonesia kox kalah teruuuzzz. aduh pusing….?😦

  3. 4
    Fery nur a Says:

    Oke siip masuk iku rexx


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: