Perubahan Kick Off dan Komposisi Grup Divisi Utama LI 2010-2011

Sampai hari ini, pertanyaan-pertanyaan masyarakat pencinta sepak bola Indonesia seputar waktu kick-off dan jadwal pertandingan Divisi Utama Liga Indonesia (LI) 2010-2011 masih tetap bergulir. Hal itu, antara lain, terlihat dalam komentar-komentar pengunjung yang mengunjungi blog ini.

Perkembangan informasi terbaru menyebutkan bahwa waktu kick off Divisi Utama LI 2010-2011 dimundurkan dari 15 November 2010 ke 19 November 2010. Dalam catatan NMR, perubahan waktu kick-off ini merupakan perubahannya yang keempat.

Selain perubahan waktu kick-off, komposisi tim peserta dalam grup pun mengalami perubahan. Atas dasar pengunduran diri Persikubar (Kutai Barat), Persires (Rengat) yang telah bertanding di Divisi I LI musim ini (2010) di-promosi-kan ke Divisi Utama LI 2010-2011. Persires pun ditempatkan di Grup I. Akibatnya, Persikab (Bandung) dipindahkan dari Grup I ke Grup II dan PSBI (Blitar) dipindahkan dari Grup II ke Grup III.

Persires merupakan tim degradasi ketiga yang dipromosikan ke Divisi Utama LI 2010-2011. Sebelumnya, Persiku (Kudus) sebagai tim degradasi pertama memperoleh tiket promosi setelah menjadi juara babak play off promosi-degradasi menyisihkan Persis (Solo) dan Persires (Rengat). Lalu, Persis sebagai tim degradasi kedua yang menjadi runner-up babak play off promosi-degradasi dipromosikan untuk menggantikan PSDS (Deli Serdang) yang mengundurkan diri. Sebelumnya pula, sebagaimana Persires, Persis sempat diikutsertakan dalam Divisi I LI musim ini (2010). Bedanya, Persires ikut bertanding, sedangkan Persis tidak ikut bertanding (baca: tidak mengikuti technical meeting karena merasa berhak ikut Divisi Utama LI 2010-2011). Karena sikapnya itulah Persis di-degradasi ke Divisi II LI periode berikutnya. Namun, dalam perkembangannya, Persis pun di-promosikan ke Divisi Utama LI 2010-2011.

Terlepas dari itu, Divisi Utama LI 2010-2011 tampaknya masih mengalami “cobaan”. Perihal beberapa tim yang ikut Liga Primer Indonesia (LPI) —meskipun sebagai tim tandingan— dan kawasan bencana Gunung Merapi yang “berpenghuni” beberapa tim peserta misalnya, akan memberikan kendala untuk perjalanan Divisi Utama LI 2010-2011.

Hal menarik lain tentunya tentang kabar akan dihapuskannya beberapa pertandingan Divisi I LI 2010 yang melibatkan Persires.

Grup I:

Persiraja (Banda Aceh), PSAP (Sigli), PSSB (Bireuen), PSLS (Lhokseumawe), PSMS (Medan), Pro Titan (Medan), Persih (Tembilahan), Persires (Rengat), PS Bengkulu (Bengkulu), Persita (Tangerang), Persitara (Jakarta Utara), Persikabo (Bogor), dan Persipasi (Bekasi).

 

Grup II:

Persikota (Tangerang), Persikab (Bandung), PSIS (Semarang), PSCS (Cilacap), PPSM (Magelang), Persis (Solo), PSIM (Yogyakarta), Persik (Kediri), Gresik United (Gresik), Mitra Kukar (Kutai Kartanegara), Persemalra (Tual), Persiram (Raja Ampat), dan Perseman (Manokwari).

 

Grup III:

Persiku (Kudus), PSIR (Rembang), PSS (Sleman), Persiba (Bantul), PSBI (Blitar), Persekam Metro FC (Malang), Persipro (Probolinggo), Mojokerto Putra (Mojokerto), Persebaya (Surabaya), Barito Putra (Banjarmasin), Persigo (Gorontalo), Perseru (Serui), dan Persidafon (Dafonsoro).

Iklan

4 Comments »

  1. 1
    suharyanto hadi Says:

    buat PSCS Wijayakusuma Cilacap yg baru melangkah ke Div.Utama..jangan gentar..walaupun masuk ke group yg keras…aku percaya dg mu..wijayakusuma pasti akan harum !!

  2. dihapuskannya hasil beberapa pertandingan Divisi I LI 2010 yang melibatkan Persires untungnya tidak mengubah klasemen Babak I Divisi I Grup II… karena tetap PS Siak dan PSP Padang yang lolos….

    Btw, Mas Novan, apakah benar di Bandung ada Tim bernama Cangcura FC?

    http://dataligaindonesia.wordpress.com/2010/10/14/babak-ii-divisi-iii-liga-indonesia-20102011/

    • 3
      novanmediaresearch Says:

      Sepengetahuan saya selama menelusuri beberapa media massa cetak terbitan Bandung (jadi bukan hanya media online), saya baru mengetahui nama “Cangcura” dalam satu pekan terakhir. Logikanya (berdasarkan peserta Divisi III LI 2010), Cangcura itu Carsurin. Mungkin wartawan ada yang salah menulis atau mungkin pula proses menuju pembentukan nama klub baru yang belum terpublikasikan (jadi terasa aneh).
      Ingat, kan dengan Persap dan Persibangga. Ada yang menyebut telah berganti nama, tetapi ada pula yang menyebut sedang dalam proses pengajuan pergantian nama. Tegasnya, saya belum tahu dengan nama Cangcura. Atau memang saya yang ketinggalan informasi….

  3. Tentang Cangcura, saya juga berpikiran begitu….

    Selain itu saya menemukan keanehan dari penyisihan Grup Sumatera, karena mendapatkan data bahwa Medan United sebagai peserta Divisi III. Padahal Medan United tahun ini sudah ikut sebagai peserta Divisi II….Liga Indonesia memang membingungkan….


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: