Sepak Bola Ganefo I/1963

Di Indonesia, tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Namun, tahukah anda bahwa tanggal 10 November pun diperingati sebagai Hari Ganefo (Games of the New Emerging Force)? Dibandingkan dengan jaman sekarang, gema Hari Ganefo memang sangat terasa pada masa Orde Baru (era Presiden RI Soekarno).

Ganefo merupakan pesta olahraga antarnegara Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Pada awalnya, Ganefo dimaksudkan untuk negara-negara di tiga kawasan tersebut. Hal itu dilatarbelakangi sejarah di mana mereka menjadi satu bangsa yang senasib dan sepenanggungan karena pernah menjadi wilayah jajahan kaum imperialisme. Dengan demikian, Ganefo tidak dapat dilepaskan dari urusan politik pada masa itu. Mereka memiliki tekad dan kemampuan untuk menjadikan dirinya sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

Indonesia berencana untuk menyelenggarakan Asia, Afrika, dan Amerika Latin (A3) Games. Rencana itu semakin mengalami percepatan ketika Indonesia ditolak menjadi peserta Olimpiade XVIII tahun 1964 di Tokyo, Jepang. Hal itu merupakan imbas dari ditolaknya Taiwan dan Israel menjadi peserta Asian Games IV tahun 1962 di Jakarta, Indonesia. Lebih tepatnya, Indonesia ditolak IOC —pada masa ini dianggap sebagai wakil negara-negara Barat— karena Jepang dan negara-negara sekutu Indonesia lainnya justru tetap mendukung Indonesia untuk ikut Olimpiade 1964.

Dalam perkembangannya, Indonesia pun menyelenggarakan Ganefo dan memperoleh dukungan dari negara-negara sekutunya. Karenanya, Ganefo I tahun 1963 dapat diselenggarakan pada 10 November 1963 dengan mempertandingkan dan memperlombakan beberapa cabang olahraga. Tidak kurang dari 80-an negara ikut serta.

Dalam cabang olahraga sepak bola Ganefo I/1963 yang diikuti oleh 13 negara, langkah tuan rumah timnas Indonesia tertahan di babak perempat final setelah dikalahkan Republik Demokrasi Rakyat Korea (Korea Utara) 1-5. Sebelumnya, di babak penyisihan Grup B, Indonesia berhasil mengalahkan Mali 3-2 dan menahan Republik Rakyat Tionghwa 1-1. Gelar juara cabang olahraga sepak bola Ganefo I/1963 akhirnya diraih Mesir —pada masa ini masih “ramai” dibicarakan sebagai Republik Persatuan Arab, meskipun masanya telah “berakhir”— (medali emas) yang disusul RDRK (perak), dan Uruguay (perunggu).

Menurut rencana, Ganefo akan diselenggarakan secara periodik dan Ganefo II/1967 akan digelar di Kairo, Mesir. Namun, karena perubahan sosio-politik dunia pada masa itu, sejarah mencatat bahwa Ganefo I/1963 pun menjadi Ganefo pertama dan terakhir.

 

Skuad Timnas Indonesia dan Hasil Pertandingan Sepak bola Ganefo I/1963:

***) Data-data babak penyisihan sedang disusun ulang (baca: menyusul).

 

Babak Perempatfinal:

RDRK vs Indonesia 5-1

Argentina vs Vietnam Utara 1-6

RRT vs Uruguay 1-2

RPA vs Arab Saudi 7-0

 

Babak Semifinal:

RDRK vs Vietnam Utara 2-0

Uruguay vs RPA 1-5

 

Perebutan Peringkat 3-4:

Vietnam Utara vs Uruguay 2-2 (Uruguay menang melalui undian)

 

Babak Final:

RDRK vs RPA 1-1 (RPA menang melalui undian)

 

Skuad Timnas Indonesia:

Jus Etek, Judo Hadianto, Sahala Siregar (penjaga gawang), Ishak Udin, Masri, John Simon, Fattah Hidajat, Latif Haris Tanoto, Djadjang Haris, Januar Pribadi, Emen Suwarman, Komar, Rukman, Maurits Manuhutu, Lim Soei Liang, Faisal Jusuf, Ipong Silalahi, Sahruna, Basri, A. Titaheluw, Soenarto, Omo Suratmo, Wowo Soengkowo, dan Soenarto Soentoro.

Iklan

7 Comments »

  1. 1
    aguz banderaz Says:

    mayoritas pemain persib : jus etek,ishak udin,fatah hidayat,emen suwarman,komar,omo suratmo,wowo sungkowo,soenarto soendoro,.djajang harris pun dari namanya mungkin pemain persib,.maklum 2 tahun sebelumnya persib juara nasional,.

  2. 2
    aguz banderaz Says:

    itu sunarto sundoro persib apa sucipto suntoro persija ya maksudnya,..

    • 3
      novanmediaresearch Says:

      Oh ya, setelah saya check and recheck catatan saya ternyata saya salah tulis. Jadi, Soenarto Soendoro (Persib) dan Soetjipto Soentoro (Persija). Dalam kliping-nya sih tertulis Soenarto dan Soentoro saja. Terima kasih atas koreksinya. [Catatan NMR: tulisan dalam bahasan BELUM diralat.]

  3. 4
    Henry Says:

    Cina daratan (komunis, Mao Zedong) adalah RRT = Republik Rakyat Tiongkok atau RRC = Republik Rakyat Cina, berasal dari bahasa Mandarin “Zhonghua Renmin Gongheguo” atau “Zhongguo” yang menurut beberapa bahasa daerah selatan Cina, “Tiongkok”. Di sepakbola Cina daratan dikenal sebagai RR Cina atau China PR.

    Taiwan (Cina nasionalis, Chiang Kai-sek) adalah Republik Tionghwa atau Republik Cina, berasal dari bahasa Mandarin “Zhonghua Mingguo” atau “Zhonghua” yang bisa dilafalkan “Tionghwa”. Di sepakbola Taiwan dikenal sebagai Cina Taipei atau Chinese Taipei.

  4. 5
    aguz banderaz Says:

    republik persatuan arab (RPA) adalah gabungan mesir dan suriah sebelum terpecah geografisnya karena invasi israel,…

    • 6
      novanmediaresearch Says:

      Kalau melihat sejarahnya sih, pada 1963 Mesir sudah merupakan negara tersendiri. Sebelumnya (1962), Mesir dan Suriah menjadi Republik Persatuan Arab. Nah, mungkin media yang sejaman itu masih menulis Mesir. Contoh lain, salah satu peserta Ganefo yaitu Borneo Utara (Kalimantan Utara). Selain itu, ada juga Semenanjung Malaya. Kalau saat ini kan ditulis Malaysia saja. Jadi, dulu dua negara, tetapi sekarang satu negara.

  5. 7

    Do you have any video of that? I’d care to find out some additional information.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: