Piala AFF 2010: Indonesia vs Thailand 2-1

Deg-deg-an. Menegangkan. Itulah yang dirasakan oleh kita, masyarakat pencinta sepak bola Indonesia, khususnya NMR, ketika Indonesia berjumpa Thailand dalam Piala AFF 2010. Namun, Indonesia akhirnya mampu menumbangkan Thailand, tim yang diarsiteki Bryan Robson (salah seorang yang pernah menjadi pemain favorit NMR) 2-1 (7 Desember 2010).

Meskipun telah memastikan diri lolos ke babak semifinal dan menjadi juara Grup A, Indonesia berhasil memanfaatkan kesempatan untuk mengalahkan Thailand. Bagaimana pun “A to Z” pertandingan tersebut, dari sudut pandang “data statistik”, hasil tersebut sungguh melegakan kita. “Data statistik” semacam itu akan turut menjadi acuan dan memotivasi Indonesia pada masa-masa yang akan datang.

Ya, kita (dalam hal ini, NMR) harus mengakui bahwa permainan Thailand memang bagus. Tenang, disiplin, dan tik-taknya menarik. Mental juara sebagai “Raja Sepak bola Asia Tenggara” masih terlihat. Selebihnya, NMR melihat bahwa kegagalan Thailand dalam Piala AFF 2010 merupakan “momen”-nya. Itulah permainan (dari tiga pertandingan) yang segala sesuatunya dilihat dari hasil akhir. [NMR mengingat kembali bahwa hasil akhir yang diperoleh melalui adu tendangan penalti pada babak final Piala AFF 2002 turut memisahkan “keberhasilan dan kegagalan” Indonesia. Ya, pemisahan “kisah sejarah” yang hanya ditentukan dalam waktu satu detik.]

Sementara itu, kita pun patut mengapresiasi perjuangan Indonesia. Dua gol yang dijaringkan melalui tendangan penalti Bambang Pamungkas tidak lepas dari proses bahwa Indonesia masih mampu menyerang. Kalau tidak menyerang, tendangan penalti itu tidak akan terjadi, bukan?

Iklan

1 Comment »

  1. 1
    aguz banderaz Says:

    sampai kemenangan 2-1 di AFF cup 2010 ini,.indonesia 25 tahun tak mampu mengalahkan thailand melalui pertandingan normal 2×45 menit plus perpanjangan 2×15 menit di turnamen resmi,. terakhir di bangkok maret 1985 saat Pra Piala Dunia 1986 dimana gol indah jarak jauh si akang Herry Kiswanto menamatkan thailand,…


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: