Indonesia vs Filipina di Piala AFF 2010: Ketika Indonesia Ciptakan Rekor Kemenangan Terbesar Sepanjang Sejarah

Piala AFF 2010 akan memasuki babak semifinal. Di semifinal I, Indonesia pun sedang bersiap-siap untuk menghadapi “tuan rumah” Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (Kamis, 16 Desember 2010). Lalu, di semifinal II, giliran Indonesia yang menjadi tuan rumah di tempat yang sama pada 19 Desember 2010.

Untuk menggelorakan kembali semangat itu, marilah kita mengenang kemenangan Indonesia 13-1 atas Filipina yang dicatat dalam sejarah sepak bola Indonesia sebagai kemenangan terbesar atas timnas negara lain. Peristiwa itu terjadi dalam Piala AFF 2002 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (23 Desember 2002).

Apa yang melatarbelakangi kemenangan terbesar itu? Pada masa ini, peringkat “3 Besar” klasemen sementara Grup A Piala Tiger 2002 sampai pertandingan 21 Desember 2002 ialah: peringkat ke-1, Vietnam bernilai 7 dengan gol 15-5 (selisih 10 gol), peringkat ke-2, Myanmar juga bernilai 7 dengan gol 11-1 (selisih 10 gol), dan peringkat ke-3, Indonesia yang bernilai 5 dengan gol 6-4 (selisih 2 gol).

Pertandingan Vietnam melawan Myanmar boleh-boleh saja bermain imbang. Namun, untuk lolos ke babak semifinal Piala Tiger 2002, Indonesia harus mampu mengalahkan Filipina dengan 8-9 gol tanpa balas pada pertandingan 23 Desember 2002 itu. Hal itu untuk menjaga kemungkinan seandainya Vietnam dan Myanmar bermain imbang.

Faktanya, terlepas dari kemenangan Vietnam atas Myanmar, Indonesia berhasil mengalahkan Filipina 13-1. Tuntutan menang besar itu akhirnya berbuah rekor bagi timnas Indonesia sebagai kemenangan terbesar timnas Indonesia dalam sejarah persepakbolaan Indonesia melawan timnas negara lain.

Iklan

1 Comment »

  1. 1
    erlangga danny Says:

    Untuk sekedar info, Sebelumnya pada tgl 25 September saat timnas berlaga di Piala Presiden 1972, Indonesia jg pernah mengukir kemenangan terbesar dgn membantai Filipina 12-0. Ketika itu, timnas hanya menempati posisi runner up setelah kalah dari Burma 3-1 di partai final.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: