Piala AFF 2010: Mampukah Alfred Riedl Mewujudkan Prestasi?

Untuk keempat kalinya, timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF. Selama ini, masyarakat pencinta sepak bola Indonesia selalu mendambakan bahwa timnas kebanggaannya meraih prestasi tertinggi.

Prestasi tertinggi bagi timnas kita untuk saat ini yaitu juara (Piala AFF dan SEA Games) dan minimal putaran final (Piala Dunia dan/atau Olimpiade). Piala Asia dan Asian Games? Itu tahapan berikutnya!

Selama itu pula, beberapa pelatih didatangkan. Salah satu alasan (latar belakang) pelatih itu didatangkan karena berprestasi di tim sebelumnya. Namun, prestasi yang maksimal belum terwujud.

Dalam catatan NMR, ada beberapa pelatih hebat yang didatangkan. Wiel Coerver (Belanda) yang disebut-sebut pernah membawa Feyenoord (Belanda) menjuarai Piala UEFA 1973/1974 didatangkan untuk menangani timnas Indonesia di (kualifikasi) Olimpiade 1976. Sayang, timnas Indonesia gagal lolos ke putaran final Olimpiade 1976 di Montreal (Kanada) karena “hanya” kalah 4-5 melalui adu tendangan penalti dari Korea Utara.

Lalu, ketika babak kualifikasi Olimpiade 1980, PSSI mendatangkan Frans van Balkom (Belanda). Latar belakangnya, Frans van Balkom berhasil meraih prestasi terbaik Hongkong di babak kualifikasi Piala Dunia 1978. [Dalam event ini terjadi “reuni” antar-(mantan)-pelatih timnas Indonesia: Choo Seng Quee (1951-1953) untuk Singapura, Tony Pogacknik (1954-1964 dan 1977) untuk Indonesia, dan Frans van Balkom (kelak di 1980) untuk Hongkong.] Sayang, Frans van Balkom pun gagal meloloskan timnas Indonesia ke putaran final Olimpiade 1980 di Moscow (Uni Soviet).

Lalu, giliran Peter Withe (Inggris) yang didatangkan ke Indonesia setelah sebelumnya meraih prestasi untuk Thailand. Lagi-lagi sayang, Peter Withe gagal meraih juara di Piala AFF 2004/2005.

Kini, tantangan ada di tangan Alfred Riedl (Austria). Setelah sukses bersama Vietnam (di Piala Asia 2007) dan Laos (di SEA Games 2009), apakah Alfred Riedl akan mampu mewujudkan prestasi (baca: juara) bagi Indonesia di Piala AFF 2010? Tentu saja, masyarakat pencinta sepak bola Indonesia turut berdoa untuk mewujudkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: