Kapan PSSI Menjadi Anggota FIFA: 1951 atau 1952?

Kapan PSSI diterima menjadi anggota FIFA? Tahun 1951 atau 1952? Berikut ini merupakan kutipan berita yang diperoleh NovanMediaResearch berjudul “P.S.S.I. Mendjadi Anggauta F.I.F.A.” dari Majalah “Aneka” edisi No. 28 Tahun II, 1 Desember 1951.

“PERSATUAN Sepakbola Seluruh Indonesia telah diterima menjadi anggota Federation International Football Association, yaitu bond sepakbola seluruh dunia, demikian dikabarkan oleh bagian penerangan PSSI kepada “Antara”. Dengan diterimanya PSSI menjadi anggota bond sepakbola seluruh dunia itu, maka jumlah bond dari cabang2 olahraga di Indonesia yang sudah menjadi anggota bond internasional menjadi 4, yaitu sepakbola, tenis, atletik dan renang sehingga memudahkan masuknya Komite Olimpiade Indonesia menjadi anggota Komite Olimpiade se-Dunia yang syaratnya ialah bahwa sedikitnya 3 cabang olahraga harus sudah menjadi anggota dari bond internasional.

Sudah waktunya diadakan pertandingan2 internasional

Darmosugondo, dari bagian penerangan PSSI, dalam hubungan ini, menerangkan bahwa dengan diterimanya PSSI menjadi anggota bond sepakbola internasional itu, maka kongres PSSI yang akan diadakan di Jakarta dari tgl. 30/11 sampai 3/12 itu merupakan suatu kongres yang sangat penting bagi PSSI, karena segala sesuatu dalam organisasi PSSI harus diatur dan disesuaikan dengan kepentingan2 yang berhubungan dengan keanggotaan tersebut. Selain itu, menurut pendapatnya, kini pun sudah tiba waktunya PSSI mengadakan pertandingan2 internasional, tidak saja dengan kesebelasan dari negeri Asia, tetapi pun dengan elftal2 negeri Eropa dll.

Belum bisa ke Olimpiade Helsinki

Menurut Darmosugondo, meskipun andai kata dalam waktu yang pendek Indonesia bisa diterima menjadi anggota Olimpiade se-Dunia, namun Indonesia belum akan dapat turut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952, berhubung dgn. kurangnya waktu, tetapi akan dapat berlomba dalam Olimpiade berikutnya di tahun 1956. Untuk melatih para atlet selama 4 tahun itu, ia berpendapat, perlu sekali segera diadakan tempat pemusatan berlatih, sebaik2nya di Jakarta.”

Catatan:

*) Susunan atau tata kalimat ditulis seperti aslinya.

*) Ejaan sudah disesuaikan (oleh NovanMediaResearch) seperti Dj menjadi J, Tj menjadi C, J menjadi Y, dan seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: