Bagaimana Seharusnya Kita Menyusun Sejarah Klub? (4): Persegres Gresik

Sejarah “lama” tentang klub sepak bola profesional Kabupaten Gresik sudah kita ketahui. NMR pun pernah menulisnya dalam “Sedihnya Putra Samarinda, Senangnya Petrokimia Putra”. Ya, Gresik United merupakan peleburan nama Persegres (Gresik) dan Petrokimia Putra (Gresik). Dalam bahasa hukum, peleburan adalah A + B = C. Hal ini berbeda dari penggabungan bahwa A + B = A atau B.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin bercerita tentang perkembangan nama klub profesional Kabupaten Gresik (Gresik United) tersebut. Sebagai hasil kompetisi periode sebelumnya (baca: Divisi Utama Liga Indonesia 2010/2011), Gresik United gagal untuk mendapat tiket promosi ke Liga Super Indonesia (LSI) 2011/2012. Namun, karena empat klub LSI bermain di Liga Primer Indonesia 2011/2012 sehingga dianggap degradasi dari LSI maka empat klub Divisi Utama Liga Indonesia 2010/2011 yang gagal promosi dipromosikan ke LSI 2011/2012. Klub yang dipromosikan (berdasarkan peringkat teratas berikutnya) itu, salah satunya, Gresik United. Gresik United pun bersiap diri untuk mengikuti LSI 2011/2012.

Lalu, apa hubungannya cerita Gresik United dengan Persegres versi baru? Meskipun wacana pergantian nama dari Gresik United ke Persegres sudah ramai diperbincangan seiring “pergantian” kepemimpinan di Kabupaten Gresik, akhirnya tahun lalu nama Gresik United diganti menjadi Persegres Jaka Samudra. Alasannya, badan hukum yang mewadahi klub profesional Kabupaten Gresik itu bernama PT Persegres Jaka Samudra.

Lihatlah Persegres Jaka Samudra yang di-launching pada tanggal 27 November 2011. “Kebetulan” saat itu, peluncuran nama yang diiringi pertandingan persahabatan Persegres Jaka Samudra vs PS Kabupaten Sumbawa Barat didukung penuh pendukung Persegres Jaka Samudra (baca: Ultras). Rasa kecewa atas pergantian nama klub tentu saja ada. Itulah yang disuarakan Ultras. Namun, alasan manajemen Persegres Jaka Samudra adalah PT Persegres Jaka Samudra. Apa arti sebuah nama, katanya.

Pada awal Desember 2011, Gresik United dimunculkan lagi. Namun, Gresik united ini bukanlah Gresik United-nya Persegres Jaka Samudra. Hal ini terjadi untuk kemajuan persepakbolaan Gresik. Namun, diiringi, ini untuk menyelamatkan “Gresik United” agar tidak dikenai sanksi PSSI, alasannya.

Dalam perkembangannya, saya sebagai pengelola blog NMR melihat bahwa Persegres Jaka Samudra dicantumkan pada kaos tim klub. Lalu, Persegres saja. Setelah itu, tulisan Persegres menghilang dan tinggallah nama sponsor.

Saya menduga, ini ada unsur “perebutan pengaruh”. Mengapa nama Gresik United dipakai/disebut kembali? Saya merasakan hal itu sebagai perebutan pengaruh Gresik United dalam persepakbolaan Indonesia. Anda tentu memahami maksud saya: ada Gresik United (LSI) dan ada juga Gresik United (Divisi Utama PT LPIS).

“Ketakutan” pengaruh itu mungkin karena “tidak tahu” dan “tidak jelas” sejarahnya ya he he he. Maklum, selama ini tidak ada panduan baku. Ya, akhirnya, bagaimana kita, khususnya masyarakat pencinta persepakbolaan Kabupaten Gresik menyusun sejarah klubnya?

Iklan

2 Comments »

  1. 1
    Shiina Mashiro Says:

    Berarti Petrokimia yg juara DU 2002 = gresik united
    benar begitu/tidak?

    • 2
      NovanMediaResearch Says:

      Ya. Waktu kelahirannya pun semestinya tahun kelahiran Persegres (era Perserikatan) dan/atau Petrokimia Putra (era Galatama). Jadi bukan tahun kelahiran Gresik United 🙂 meskipun nama barunya menjadi Gresik United.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: