Perang Bintang 2012: Sriwijaya FC vs ISL All Star 5-4 (1-1)

Pesta Liga Super Indonesia (LSI) musim 2011/2012 telah resmi berakhir setelah diselenggarakannya pertandingan “Perang Bintang LSI” ISL All Stars melawan Sriwijaya FC (Palembang) di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Kota Palembang (Minggu, 15 Juli 2012). Dalam “Perang Bintang” itu, Sriwijaya FC berhasil mengalahkan ISL All Star 5-4 melalui adu tendangan penalti.

Sebelum pertandingan digelar, kedua tim dan setiap orang yang berada di stadion mengheningkan cipta untuk Junaidi —Bang Jun— Pelatih Persis LPIS. Kedua tim pun memasang pita hitam di lengan bajunya.

Kembali ke Perang Bintang. Berdasarkan sejarahnya, pertandingan “Perang Bintang” ini dijadikan sebagai ajang bergengsi meskipun ada unsur hiburannya. Ya, mirip-mirip NBA All Star di dunia bola basket Amerika Serikat. (Kelak, di bola basket Indonesia ada IBL All Star dan di bola voli Indonesia ada Pro Liga All Star). Lihatlah Perserikatan yang saat itu diidentikkan sebagai kompetisi amatir dan Galatama yang saat itu diidentikkan sebagai kompetisi (semi) profesional. PSSI melihat profesionalisme klub-klub Galatama dan fanatisme tim-tim Perserikatan. Karenanya, untuk memadukan kedua unsur itu, PSSI meleburkan Perserikatan dan Galatama menjadi Liga Indonesia. Klub-klub Galatama yang memang sudah dianggap profesional dileburkan dengan klub-klub profesional Perserikatan yang dibentuk oleh Perserikatan induknya. Nah, Perang Bintang itulah yang dijadikan sebagai “marketing” untuk menyemarakkan Liga Indonesia.

Akhirnya, Perang Bintang I diselenggarakan pada tahun 1995. Waktu yang dipilih pun sengaja diadakan pada jeda antara putaran I dan putaran II. Sukses di penyelenggaraan perdana, Perang Bintang II pun diselenggarakan pada tahun 1996. Waktunya tetap, yaitu di antara putaran I dan putaran II. Sayang, perubahan format kompetisi dari dua wilayah ke tiga wilayah membuat Perang Bintang “sulit” dicari formatnya. Apalagi dalam beberapa kompetisi ke depan, pengunduran jadwal kompetisi membuat Perang Bintang ini semakin sulit digelar.

Memasuki LI 2006, jadwal kompetisi relatif sesuai rencana. Lancar. Karenanya, Perang Bintang III pun dapat diselenggarakan pada tahun 2006. Dalam Perang Bintang kali ini, digelar pula lomba kreativitas antarsuporter.

Kompetisi Divisi Utama LI sebagai kompetisi tertinggi saat itu pun mulai memasuki edisi terakhir (baca: periode XIII). Saat itu, Divisi Utama LI dibagi ke dalam dua wilayah. Namun, untuk kali ini tidak ada Perang Bintang. Pertandingan eksebisi antara Persib (juara putaran I wilayah barat) dan PSM (juara putaran I wilayah timur) di Stadion Segiri, Kota Samarinda, turut memeriahkan. Sayang, kedua tim justru tidak bisa mengikuti babak “8 Besar” Divisi Utama LI karena keduanya harus puas menempati peringkat ke-5 setiap wilayah.

Periode berikutnya ialah Liga Super Indonesia edisi perdana. Untuk kali ini, pembukaan LSI dimeriahkan oleh pertandingan antara Bintang Indonesia dan Bintang Asing.

Setelah ajang Perang Bintang terhenti, PSSI pun meneruskan Perang Bintang 2010, 2011, dan 2012. Kali ini, juara LSI setiap musim diadukan dengan para pemain LSI musim yang bersangkutan.

Era Divisi Utama LI:

***) Pertandingan diadakan pada waktu jeda antara putaran I dan II

1995: Barat vs Timur 5-4

1996: Barat vs Timur 3-3

2006: Barat vs Timur 3-0

Era LSI:

***) Pertandingan diadakan setelah berakhirnya LSI.

2010: ISL All Star vs Arema 5-4

2011: ISL All Star vs Persipura 1-2

2012: ISL All Star vs Sriwijaya FC 5-4 (1-1) adu tendangan penalti

Iklan

1 Comment »

  1. yang perang bintang tahun 2006 saya ingat pernah baca di Tabloid Bola…waktu itu kalau ng salah pake polling dan Rahmat Rivai (pada saat itu memperkuat Persiter Ternate) meraiih suara terbanyak…dan Zah Rahan menjadi Man of the Match….
    oh ya ini ada link sekedar tuk memperlengkap referensi…
    1. http://www.merdeka.com/bola/nasional/tim-barat-lawan-tim-timur-di-perang-bintang-ldi-2006-1sw6jam.html
    2. http://myquran.org/forum/index.php?topic=224.0
    3. http://sport.detik.com/sepakbola/read/2006/04/05/230910/571494/76/zah-rahan-mvp-perang-bintang-2006

    makasih


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: