Sepak Bola PON I/1948: Ketika Tuan Rumah Solo Juara

PON (Pekan Olahraga Nasional) XVIII/2012 di Riau telah berlalu. Namun, cerita-ceritanya akan tetap ada sampai kapan pun. Berkaitan dengan PON ini, khususnya cabang olahraga sepak bola, saya ingin menceritakannya kepada anda.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mengutip sebagian tulisan dari buku “Ramang Macan Bola” karya M. Dahlan Abubakar. Dalam salah satu bahasannya yang berjudul “Maulwi Saelan: Memang Hebat” (hlm. 204): “…Saat PON I digelar di Solo 1948, banyak pemain Jakarta yang tinggal di Klaten. Maulwi pun ikut bergabung di bawah bendera Jakarta. Dia bermain bersama Roeslan dan Hutadjoeloe (back), Samad, Murad, dan Subandi (gelandang), Ibrahim, Abidin, Tamu, Ishaak Pattiwael, dan Anwar (depan). PSIM, tempat Maulwi juga bermain, juga tak keberatan dia bergabung dengan tim Jakarta. Sayang kesebelasan yang diperkuat Maulwi kalah 2-3 dari Madiun dan 1-2 dari Yogyakarta…”.

Dalam PON I/1948 ini, tuan rumah Solo berhasil meraih medali emas sepak bola PON. Inilah hasil pertandingan sepak bola PON I/1948:

Yogya vs Madiun 1-0, Madiun vs Jakarta 3-2, dan Jakarta vs Yogya 1-2.

Bandung vs Semarang 1-4, Semarang vs Solo 2-2, dan Solo vs Bandung 4-0.

Final: Yogya vs Solo 0-5.

7 Comments »

  1. 1
    arek suroboyo Says:

    minta data PON 1959 di makassar bung novan,.?, dalam data saya juaranya SUMUT dan Runner up-nya SUMSEL,. valid kah,.?

  2. 2
    ibrahim Says:

    minim sekali info sepakbola PON

  3. 3
    Anonim Says:

    betuuul, info sepakbola PON sangat minim kalah sama sepakbola liga (perserikatan, galatamna, lsi). Padahal awal pesepakbola masuk kompetisi itu dari PON..

  4. Salam perkenalan dan sukses selalu untuk semua yang hadir disini.
    Hari ini saya berkunjung dan sudah beberapa artikel yang diposting.
    Setiap artikelnya memang perlu dibaca dan disimak serta sangat berguna bagi pembacanya.

    Terima kasih.

  5. 5
    nikko Says:

    Ada yang saya bingung kang. apakan PON 1948 itu termasuk ajang Pererikatan.. dan Persis juara itu di tahun 1941 atau 1948…

    • 6
      NovanMediaResearch Says:

      Saya tidak tahu. Saya belum menemukan kata-kata bahwa PON I/1948 (sepak bola) dinyatakan sebagai (berbarengan dengan) kompetisi Perserikatan 1948. Kalau pun ada, itu di surat kabar era kini: tabloid BOLA edisi tahun 1994. Kebetulan peserta PON I/1948 itu nama kota, bukan provinsi. Soal 1941, saya belum memiliki data yang pasti. Belum mencari (riset). Umumnya ditulis Persis. Kalau 1948, hampir pasti itu Solo (PON I/1948). Namun itu PON. Saya berpendapat, kalau pun para pemain Persis Solo memperkuat kontingen Solo di PON I/1948, saya kira itu bukan Persis, tetapi Solo. Paling tidak, itulah tafsiran saya untuk sementara.

  6. Bung Novan, ada email ? saya sedang mencoba menyusun Data sejarah sepakbola PON. Karena sangat menarik bagi saya, karena setiap provinsi hanya diwakili 1 tim,,,mirip Piala Dunia. Cuma info yang saya punya masih sangat minim. Atau mungkin ada rekomendasi literatur ?


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

