Piala Abu Bakrin 1976

Sang tokoh boleh jadi sudah tiada ketika prestasi timnya sedang menjulang (meskipun untuk ukuran daerahnya). Bagaimana pun, itulah jasa dari sang tokoh selama membangun timnya meskipun dirinya belum sempat melihat hasilnya. Ya, dalam kesempatan kali ini, NMR akan menceritakan turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh PPSM Magelang. Namanya, Piala Abu Bakrin. Nama yang juga diabadikan untuk nama Stadion di Magelang.

Piala Abu Bakrin merupakan apresiasi atas jasa-jasa H. Abu Bakrin (yang meninggal pada 23 September 1973) yang kelak “menciptakan” PPSM lolos ke kompetisi tingkat nasional (baca: Babak “18 Besar” Kejurnas PSSI 1975). Harap maklum, selama ini (pada masa itu), PPSM selalu gagal lolos ke putaran nasional.

Dalam Piala Abu Bakrin 1976 ini diikuti oleh Persib B, Persema Malang, dan tuan rumah PPSM Magelang. Akhirnya, Persema berhasil menjuarai Piala Abu Bakrin 1976 setelah dalam dua pertandingan mengalahkan Persib B 2-1 (Sabtu, 25 Desember 1976) dan PPSM 2-0 (Minggu, 26 Desember 1976). Sementara itu, Persib B menjadi runner-up setelah pada hari pertama (Jumat, 24 Desember 1976) mencatat satu-satunya kemenangan atas PPSM 2-1.

Di era sepak bola profesional, PPSM sempat merger dengan Panca Sakti dengan mengambil nama PPSM Sakti meskipun akhirnya “bercerai” kembali. Terakhir, PPSM merger dengan Kartika Nusantara (sebuah klub Angkatan Darat di Bandung) dengan mengambil nama PPSM Kartika Nusantara. PPSM sendiri berdiri pada tahun 1925 dari kumpulan Persatuan Sepak bola Mosvia, Starmvogels, HKS, dan Among Rogo atas ajakan Wihardjo.

Iklan

3 Comments »

  1. tambah lagi sejarah tentang PPSM… salah satu perserikatan pendiri PSSI… kalo nemu tentang PPSM di post lagi ya bung….


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: