Ketika Ajax Amsterdam Mengunjungi Indonesia

yudo-syaf-facebookApakah anda pernah membaca tulisan saya di DotCom terdahulu tentang pertandingan segitiga di Stadion Utama, Senayan, Jakarta: Ajax Amsterdam (Belanda), Manchester United (Inggris), dan timnas Indonesia? Ya, kalau tidak salah, saya pernah memuatnya 2-3 tahun sebelum rencana kedatangan Manchester United ke Indonesia. (Saya sendiri lupa apakah tulisan tersebut dimuat dalam blog NMR ini atau tidak) Saat itu, saya menulis hasil lengkap pertandingan beserta formasi pemainnya.

Seperti yang sudah anda ketahui hasilnya yaitu Indonesia Tamtama vs Manchester United 0-0 (Senin, 1 Juni 1975), Manchester United vs Ajax 2-3 (Selasa, 3 Juni 1975), dan Ajax vs Indonesia Tamtama 4-1 (Kamis, 5 Juni 1975).

Namun demikian, dalam kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas pertandingan segitiga tersebut, tetapi ingin bercerita tentang kedatangan Ajax ke Indonesia. Pada masa itu (baca: tahun 1975), dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, Ajax pun sebenarnya menjajal tim-tim lainnya di Indonesia, selain Manchester United dan Indonesia Tamtama.

Dalam pertandingan ke-4 (Sabtu, 7 Juni 1975) di Stadion Teladan, Medan, PSSI Wilayah I berhasil menumbangkan Ajax 4-2. [Dalam salah satu kesempatan, Djohar Arifin Husin (ketika belum menjadi Ketua Umum PSSI) sempat mengatakan bahwa tim tersebut adalah PSMS Medan] Dalam catatan NMR, PSSI Wilayah I merupakan juara turnamen sepak bola Antarregional PSSI 1974 di Jakarta. Pada umumnya, PSSI Wilayah I memang bermaterikan sebagian besar pemain PSMS, seperti halnya PSSI Wilayah II (Persija-Persib), PSSI Wilayah III (didominasi Persebaya), PSSI Wilayah IV (didominasi PSM), dan PSSI Wilayah V (didominasi Persipura). Oh ya, sebagai catatan, saya biasa menulis tim PSSI Wilayah I ini sebagai timnas Indonesia Wilayah I. Ya, seperti PSSI Garuda = Timnas Indonesia garuda!

Selanjutnya, dalam pertandingan ke-5 (Senin, 9 Juni 1975) di Stadion Utama, Senayan, Jakarta, Persija Jakarta menahan Ajax 1-1. Dalam pertandingan ini, gol Risdianto (Persija) pada menit 21 berhasil dibalas oleh gol Johnny Rep (Ajax) pada menit 24.

Ajax pun menjalani pertandingan ke-6 atau terakhirnya di Indonesia (Rabu, 11 Juni 1975) di Stadion Gelora 10 November, Surabaya ketika Ajax mengalahkan Persebaya 3-2. Dalam pertandingan ini, gol-gol Persebaya dicetak oleh Jacob Sihasale dan Rusdi Bahalwan, sedangkan gol-gol Ajax dicetak oleh Ruud Geels (2 gol) dan Rene Notten.

Sayang, dari tiga pertandingan dengan tim-tim Perserikatan itu, hanya ada formasi lengkap untuk pertandingan Persija vs Ajax yaitu PERSIJA: Ronny Paslah (penjaga gawang), Iim Ibrahim, Sutan Harhara, Sofyan Hadi, Oyong Liza, Suaeb Rizal, Andi Lala, Andjas Asmara, Djunaedi Abdillah, Risdianto, dan Sumirta serta AJAX: Stuy (penjaga gawang), Ruud Krol, Van Dorf, Stefan Hasen, Dusbaba, Anidas, Suurbier, Johnny Rep, Rene Notten, Gerrie Muhrend, dan Hiels. Diperhatikan dari formasi pemain kedua tim, tampaknya hanya start line-up saja ya (?!). Soalnya tidak ada nama pemain pengganti (?).

[Sumber foto: Yudo Syaf]

Iklan

3 Comments »

  1. 1

    Menarik sekali tulisan ini. Melihat kembali ke laga Ajax, ManU dan Timnas Indonesia di tahun 1975. Topik ini menjadi aktual ketika Ajax kembali ke Indonesia bulan Mei 2014 ini. 39 tahun kemudian. Sepakbolanda juga mempersembahkan berita menarik tentang pemain keturunan. Termasuk yang sekarang aktif di Ajax: Jairo Riedewald, Carmen Manduapessy dan juga Ezra Walian.

  2. 2
    Yudo Syaf Says:

    Menarik sekali artikel Ajax Amsterdam dalam lawatan di Indoensia.
    kalau boleh saya tambahi dengan foto Persebaya Vs Ajax Amsterdam di Gelora 10 Nopember Tambaksari, Surabaya tahun 1975.

  3. 3
    Anonim Says:

    pertahankan blognya !!! jempol


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: