Kejurnas Antarklub Amatir Perserikatan 1980-1995

Apakah anda sudah membaca “Sejarah Galatama”? Nah, dalam kesempatan kali ini, bacalah “Kejurnas Antarklub Amatir Perserikatan”!

Kejurnas Antarklub Amatir Perserikatan edisi perdana (1980) diikuti oleh 26 klub, yaitu: Jayakarta Jakarta, Tropik Situbondo, Pertamina Pangkalan Brandan, Porlin Bengkulu, Kertago Sunggo Minasa (Grup A), Surya Naga Surabaya, Rajawali Lhokseumawe, Portis Karimun, Pertamina Plaju (Grup B), Beringin Putra Ujungpandang, Mlati Sleman, Porpu Tanjungkarang, Nusantara Banjarmasin (Grup C), TCS Semarang, POP Padang, Maesa Manado, Medan Utara Medan (Grup D), Podiraja Banda Aceh, PSAD Bandung, IM Pontianak, Palu Putra Palu (Grup E), dan Mandala Jayapura, Caprina Jakarta, Setia Jambi, Kinibalu Putra Samarinda, Porantam Kolaka (Grup F).

[Perhatikanlah nama-nama klub tersebut. Klub-klub manakah yang pada masa itu mengikuti Kompetisi Galatama 1979/1980? Jayakarta, bukan? Lalu, klub-klub mana pula yang pada masa yang akan datang mengikuti Kompetisi Galatama.]

Dalam pertandingan hari pertama (Senin, 14 Januari 1980), Jayakarta mengalahkan Tropik 3-1 (Grup A) dan Mandala mengalahkan Caprina 3-0 (Grup F). Dalam perkembangannya, juara setiap grup lolos ke babak “6 Besar” yaitu Jayakarta, Pertamina Plaju, dan Beringin Putra (Grup H) serta TCS, Palu Putra, dan Mandala (Grup I). Di sini, juara setiap grup lolos ke babak final, sedangkan runner-up setiap grup akan memperebutkan peringkat ke-3 dan ke-4.

Dalam perebutan peringkat ke-3 dan ke-4, Palu Putra berhasil mengalahkan Jayakarta 3-2 melalui perpanjangan waktu. Sementara itu, gelar juara diraih Mandala setelah mengalahkan Beringin Putra 4-0 di tempat yang sama (Senayan) dan waktu yang sama (Rabu, 30 Januari 1980).

Daftar Juara Kejurnas Antarklub Amatir Perserikatan (1980-1995):

1980: Mandala (Jayapura)

1981: Mandala (Jayapura)

1984: Mandala (Jayapura)

1986: Bina Taruna (Jakarta Timur)

1987: Surya Naga (Surabaya)

1989: PU Pengairan (Deli Serdang)

1990: Krida Rembang (Rembang)

1991: Harimau Tapanuli (Tapanuli)

1993: Harimau Tapanuli (Tapanuli)

1995: Krida Rembang (Rembang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: