Tinjauan Kritis Media terhadap Data Pertemuan Indonesia vs China di King’s Cup 1981

Selasa, 15 Oktober 2013, malam ini timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas China dalam pertandingan lanjutan babak kualifikasi Piala Asia 2015. Seiring dengan itu, dalam sepekan terakhir, beberapa media (cetak dan online) menampilkan daftar pertemuan kedua tim. Salah satunya tentang pertemuan Indonesia vs China di King’s Cup 1981 di Bangkok, Thailand.

Adakah hal “unik” yang menyebabkan saya sebagai pengelola blog NovanMediaResearch ini mengangkatnya? Memang, tidak ada hal yang salah tentang pertemuan itu. Keduanya berasal dari Indonesia dan China.

Namun, tahukah anda bahwa Indonesia dalam King’s Cup 1981 itu bukanlah timnas melainkan PSIS Semarang U-23? [Apalagi China-nya kemudian direvisi menjadi tim August 1st.] Ya, PSIS U-23 merupakan juara Kompetisi U-23 tahun 1981 yang akhirnya dikirim PSSI ke turnamen sepak bola untuk memperebutkan piala dari Raja Thailand Bhumibol Adulyadej itu.

Dalam pertandingan di Stadion Nasional, Bangkok, Thailand (11/11/1981) itu tim asuhan Sartono Anwar harus mengakui keunggulan tim dari China, 2-4.

Apa data pendukung lainnya? Ya, bagaimana mungkin timnas Indonesia bermain di King’s Cup 1981 ketika pada 12 November 1981 timnas Indonesia Utama sedang beruji coba melawan Buana Putera, salah satu klub peserta Galatama? Pada saat itu, timnas Indonesia asuhan coach asal Jerman (Barat) Bernd Fischer menang telak 5-0. Purwono (penjaga gawang) dan kawan-kawan sendiri saat itu sedang bersiap mengikuti SEA Games XI/1981 di Manila, Filipina yang diselenggarakan pada 6-15 Desember 1981.

Jadi, apakah tim yang menjadi peserta King’s Cup 1981 itu adalah timnas Indonesia? [Sebetulnya ada data-data lain yang tidak tepat. Salah satunya, Bina Taruna (juara Kejurnas Antarklub Amatir IV/1986) di Merlion Cup 1986 di Singapura yang tentu saja bukan timnas].

Skuad PSIS U-23 (Semarang):

Manajer: T. Sofyan Ali, S.H.

Pelatih: Sartono Anwar

Pemain: F.X. Tjahyono, Bambang Haryanto (penjaga gawang), Sugianto, Ridwan, Gusnul Yakin, Rusmanto, Puri Hariyadi, Joko Susilo, Jokoyogianto, Heru Heryanto, Wijiono, Suratman, Surajab, Djudjuk, Antonius Tjahyono, dan Budi Wahyono.

Iklan

2 Comments »

  1. 1
    mas tulus Says:

    bina taruna pernah berlaga di merlion cup, seingat saya..pemainnya yg saya ingat awan rahargo, ponirin..karena mereka juara klub amatir nasional waktu itu

    • 2
      novanmediaresearch Says:

      Ya, dalam catatan saya memang ada nama Ponirin Meka, tetapi saya tidak upload dalam tulisan ini. [Tulisan sudah direvisi agar terlihat lebih “segar”.]


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: