Kisah yang Terlupakan di Pra Olimpiade 1976 (2): Pertandingan Indonesia vs Malaysia Ibarat Final

idn-mal-prSebagaimana yang telah diungkapkan NovanMediaResearch sebelumnya bahwa setiap Pra Olimpiade 1976 disebutkan, pandangan kita mengarah pada pertandingan Indonesia vs Korea Utara. Itu memang sudah biasa. Wajar adanya. Namun, di balik itu, masih ada kisah-kisah yang tidak mainstream, bukan?

Ya, anda tidak salah untuk tetap mengunjungi blog ini. Kisah POP LLB vs Papua Nugini pun sudah dikisahkan sebagai salah satunya. Sekarang, mari kita ikuti pertandingan Indonesia vs Malaysia. Pertandingan ini bisa dikatakan sebagai pertandingan final. Bukan itu saja, pertandingan ini benar-benar bergengsi. Jumlah penonton di stadion pun mencengangkan: 120.000 penonton! [Entahlah apakah di dalam stadion itu ada tukang kacang atau tidak he he he.] OK, selamat menikmati!

Selasa, 24 Februari 1976. Sore itu, peluang Singapura untuk lolos ke babak grandfinal sudah pasti tertutup. Mengapa? Ya, karena Singapura harus mengakui keunggulan Korea Utara 0-2. Inilah klasemen sementara sore itu:

No.

Tim

M

M

S

K

Gol

Nilai

1.

Korea Utara

4

4

0

0

10-1

8

2.

Malaysia

3

2

0

1

16-3

4

3.

Indonesia

3

1

1

1

9-4

3

4.

Singapura

4

1

1

2

7-12

3

5.

Papua Nugini

4

0

0

4

7-29

0

Memperhatikan klasemen sementara di atas, Malaysia berpeluang besar untuk mengikuti jejak Korea Utara ke babak grandfinal. Sebaliknya, Indonesia harus bisa mengalahkan Malaysia. Seri saja, sudah pasti masuk kotak. Itulah situasi dan kondisi sebelum pertandingan Indonesia vs Malaysia pada malam hari di Stadion Utama, Senayan, Jakarta (24 Februari 1976).

Sejak kick off, kedua tim bermain cepat. Namun demikian, Indonesia yang dimotori Iswadi sebagai kapten tim lebih banyak menekan pertahanan lawan. Sementara Malaysia, yang menyadari hasil seri saja untuk meraih tiket ke babak grandfinal, berupaya menjaga daerah pertahanannya. Di sini ada dua back terbaiknya, Soh Chin Aun dan Santok Singh. Hampir seluruh pemainnya turun ke bawah untuk membantu pertahanan. Tampak hanya Wan Zawawi dan Isa Bakar yang dibiarkan di depan.

Dari serangan-serangan yang mengebu-gebu, baru Iswadi-lah yang mampu memecahkan telur. Bola hasil umpan Djunaedi Abdillah berhasil ditendang cukup keras dan menghujam gawang yang dijaga Arumugan. Gol! 1-0 untuk Indonesia. Indonesia pun “lolos”.

Menyadari kekalahan sebagai kegagalan, Malaysia pun tercengang. Tidak berselang lama, menit 29, Isa Bakar berhasil mencetak gol untuk Malaysia. Skor pun 1-1 dan Malaysia “lolos”. Namun, gol balasan tersebut sempat diprotes para pemain Indonesia karena menganggap Isa Bakar berada pada posisi offside.

Dalam perkembangannya, Nobon masuk menggantikan Andjas Asmara yang terpincang-pincang. Begitu pula Djunaedi Abdillah yang digantikan Suaeb Rizal. Sampai turun makan, eh minum, skor 1-1 pun bertahan.

Di babak II, Indonesia bersorak. Latar belakangnya, tendangan penjuru Waskito pada menit 56 berhasil diteruskan Risdianto melalui sundulannya. Gol! Kini, 2-1 untuk Indonesia. Indonesia pun “lolos” kembali.

Ketinggalan satu gol membuat Malaysia mengurung pertahanan Indonesia. Sementara Indonesia mengulur-ulur waktu dengan cara membuang bola setiap ada kesempatan. Namun, skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Indonesia pun lolos, tanpa tanda kutip lagi he he.

Formasi pemain Indonesia: Rony Paslah (penjaga gawang), Harry Muryanto, Oyong Liza, Suhatman, Yohanes Auri, Lukman Santoso, Andjas Asmara/Nobon, Waskito, Iswadi, Risdianto, dan Djunaedi Abdillah/Suaeb Rizal.

Formasi pemain Malaysia: Arumugan (penjaga gawang), Zaenudin, Hanafiah, Soh Chin Aun, Santok Singh, Sakur Saleh, Yahya, Wan Zawawi, Mohtar Dahari, Isa Bakar, dan Kon Sek Leng/Rosidi.

Baca juga:

Kisah yang Terlupakan di Pra Olimpiade 1976 (1): POP LLB vs Papua Nugini 4-0.

Iklan

3 Comments »

  1. 1

    izin copy fotonya mas Novan, ya…Tks

  2. Terimakasih kepada Mr/Mrs admin yang telah meluangkan waktu untuk menulis sebongkah informasi untuk sajian para pengunjung di situsnya.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: