Thio Him Tjiang

thio-him-tjiangBandung, 17 Desember 1961. Yang jelas, itu bukan tulisan yang biasanya tercantum dalam surat. Ya, pada hari itu, bertempat di Stadion Siliwangi, Thio Him Tjiang bermain untuk UNI dalam pertandingan pamungkas kompetisi intern Persib 1961. Sayang, dalam pertandingan menentukan yang disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Mashudi itu, UNI harus mengakui keunggulan IPI 1 1-2. Hasilnya, IPI 1 berhasil merebut juara Persib 1961 setelah menyisihkan UNI sebagai juara bertahan. (Sementara IPI 2 yang menempati posisi juru kunci harus mengikuti play off promosi-degradasi).

Di akhir masa tuanya, Thio Him Tjiang memang berada di Bandung. Tentu saja, salah satu prestasinya ialah juara Perserikatan 1961 bersama Persib.

Thio Him Tjiang merupakan tokoh kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1929. Him Tjiang pun tercatat sebagai pemain UMS Jakarta, klub intern anggota VBO (yang kelak bergabung ke Persija). Bukan hanya Him Tjiang, tetapi juga beberapa “Him” lainnya yang memperkuat UMS: Him Boen, Him Hok, dan Him Toen. Him Toen sendiri sebetulnya turut bermain ketika penjaga gawang Van der Vin berhalangan.

Dari nama-nama “Him” itulah hanya Thio Him Tjiang yang tercatat dalam sejarah sepak bola Indonesia sebagai pemain yang paling menonjol. Soal sepak bola, memang itulah garis hidupnya. Thio Kioe Sen, ayahnya adalah penjaga gawang UMS masa lalu.

Pada awalnya Him Tjiang berposisi sebagai pemain depan (kiri dalam). Namun, dalam perkembangannya, ia ditarik pelatih Tony Pogacknik ke posisi belakang (back). Uniknya, atas “terawangan” Tony Pogacknik, Him Tjiang ditempatkan sebagai pemain depan lagi ketika bermain di Olimpiade 1956. Sementara keberadaan Him Tjiang di belakang tiada lain karena Chaeruddin Siregar sudah “habis”. Jadilah Him Tjiang bertahan di belakang.

Dalam karirnya, Thio Him Tjiang bermain untuk Persija dan Persib. Klub intern yang dimasukinya pun UMS dan UNI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: