20 Februari 1960-2014: 54 Tahun PSSI Menjadi Anggota Penuh AFC

afcPada Oktober 2014 mendatang timnas Indonesia U-19 akan bertanding di putaran final Piala Asia U-19 tahun 2014. Dalam Piala Asia U-19 itu sendiri, Indonesia pernah mencatatkan dirinya sebagai juara, yakni pada 1961.

Berkaitan dengan periode penyelenggaraan, Piala Asia U-19 (d/h Piala Asia Junior saja) baru diselenggarakan pada 1959. Namun demikian, Indonesia baru berpartisipasinya pada 1960. Mengapa?

Terlepas dari jawaban atas pertanyaan mengapa, sebetulnya jawabannya ialah “keterpaksaan”, lebih khusus lagi “keterpaksaan” yang berkaitan dengan keanggotaan PSSI di AFC.

Sebagaimana kita ketahui bahwa AFC didirikan pada 1954 di Manila, Filipina, bersamaan dengan keikutsertaan Indonesia di Asian Games II/1954. Dampaknya, PSSI pun dianggap sebagai anggota AFC.

Namun, tampaknya tidaklah seperti itu. Selain yang datang pada saat pendirian itu bukanlah PSSI, melainkan delegasi olahraga Indonesia, PSSI pun sempat menunggu draft Anggaran Dasar AFC. Sejak itu, PSSI belum menjadi anggota AFC.

Dalam perkembangannya, ada latar belakang yang menciptakan jalan cerita. Adanya hubungan baik antara Ketua II AFC Tengku Abdulrachman (yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri Malaya, kini Malaysia) dan Menteri Penerangan Maladi menjadikan hubungan keanggotaan yang gonjang-ganjing itu mencair. Akhirnya, PSSI pun tercatat sebagai anggota penuh AFC terhitung sejak 20 Februari 1960.

Karenanya, untuk memenuhi undangan AFC, Indonesia bersedia untuk mengikuti Piala Asia Junior yang mulai digelar pada Maret 1960 di Kualalumpur, Malaysia. Ya, ibarat event peresmian.

3 Comments »

  1. 1
    Henry Says:

    Mas Novan, ada cerita buruk soal keanggotaan PSSI di AFC.
    Kalo Anda mengulik berita2 taun 1952-1958, dari Strait Times, nampaknya ada “kewajiban” yang tertinggal dari Indonesia (PSSI/KONI?) sebagai anggota AFC.
    Ini juga yang acap menyebabkan Indonesia “ditinggalkan” dalam event internasional. (Piala Dunia 1954).

  2. Bagi ane sepak bola Indonesia sudah mati… Kecuali timnas u-19 ya gt deh… selama masih dikuasai si kuning sepakbola kita ga bakal maju2


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: