Mengenang Kejayaan PSB di Piala Suratin

Pada awal 1990-an nama PSB Bogor cukup menjulang, baik di tingkat Jawa Barat maupun di tingkat nasional. PSB yang dimaksud dalam tulisan ini yaitu PSB Junior untuk Piala Suratin. Ya, berawal pada 1990 itu, dalam babak final Piala Suratin 1991 Zona Jabar (1990), PSB harus mengakui keunggulan juara bertahan Zona Jabar dan sekaligus nasional, Persikasi Bekasi 5-6 melalui adu tendangan penalti. Akhirnya, jatah Jabar untuk tingkat nasional pun digenggam Persikasi yang kelak mempertahankannya sebagai juara Piala Suratin 1991.

Dalam periode berikutnya, Piala Suratin 1992 Zona Jabar, PSB berhasil menjadi juara. Sebelumnya, juara bertahan Persikasi ditumbangkannya di babak semifinal. Prestasi ini dilanjutkan PSB untuk menjuarai Piala Suratin 1992 yang di babak final mengalahkan PSIM Yogyakarta 2-0 di Stadion Utama, Senayan, Jakarta. Inilah gelar Piala Suratin pertama untuk PSB di bawah Ketua Umum H. Suratman.

Satu periode berikutnya, juara bertahan Piala Suratin Zona Jabar dan sekaligus nasional ini kembali menjadi juara setelah mengandaskan Persikasi 1-0. Kali ini, kedua tim tetap lolos ke babak selanjutnya, yaitu Zona Jawa (bukan lagi tingkat nasional) dan keduanya pula lolos ke tingkat nasional.

Sayang, kedua jagoan Jabar itu harus berjibaku di babak semifinal. Hasilnya, PSB tetap menjadi pemenang setelah mengalahkan Persikasi 2-0. Lebih mantap lagi, di babak final Piala Suratin 1993 yang berlangsung di Stadion Gelora 10 November Surabaya, PSB berhasil menumbangkan tuan rumah Persebaya 5-4 melalui adu tendangan penalti.

Meskipun sempat disalip Persikasi sebagai juara Piala Suratin 1994 yang membuatnya sebagai juara terbanyak (lima kali) dalam sejarah Piala Suratin sejak 1966, akhirnya PSB kembali menjadi juara Piala Suratin 1995 setelah mengalahkan Persis Solo.

Iklan

3 Comments »

  1. 1

    JADI PENGEN NGELIAT AKSI WAKTU ITU GAN,

  2. 2
    Arif Orens Says:

    gue bangga jadi warga Bogor.

  3. 3
    Anonim Says:

    Mantaaappp……


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: