PSSI Mulai Membagi Divisi dalam Sepak Bola Indonesia

Berdasarkan penemuan “terbaru” saya (NovanMediaResearch) belum lama ini (2016), PSSI ternyata mulai membagi divisi dalam kompetisi sepak bola Indonesia (baca: Perserikatan) pada tahun 1982. Hal itu terungkap dalam putusan Sidang Paripurna Pengurus (SPP) pertama PSSI periode 1981-1985 yang diselenggarakan di Sekretariat PSSI, Senayan, Jakarta, 13-14 Maret 1982.

[Jujur (meskipun kata-kata itu tidak mesti saya ucapkan), saya kaget juga (ah lebay he he he). Bandingkan dengan buku “Persib ’86: Lahirnya Kembali Generasi Emas Persib” yang diterbitkan Januari 2009 (lebih dari tujuh tahun yang lalu) ketika saya menulis bahwa pembagian divisi itu dimulai sejak Kejurnas Utama PSSI 1978/1979 sebagai “tafsiran” saya. Jelas, saya senang, pemberitaan itu cukup “mendukung” kisah-kisah saya, terutama pada buku-buku saya, mengenai sistem kompetisi sepak bola Indonesia.]

Kompas edisi Senin, 15 Maret 1982, yang menulis judul “PSSI Adakan Dua Macam Kompetisi Perserikatan” dengan melaporkan: “…Kompetisi nasional antarperserikatan anggota PSSI direncanakan mengenal semacam divisi. Divisi Utama bagi Perserikatan-perserikatan ‘teras’ yang menonjol prestasinya dan divisi lainnya bagi Perserikatan selebihnya…”.

Sementara itu, dalam catatan kaki nomor (3) pada buku saya tadi ditulis: “…PSSI mulai mengadakan divisi utama Perserikatan pada 1978-1979 (Kejurnas Utama PSSI 1978-1979), divisi I Perserikatan pada 1979 (Kejurnas PSSI 1979), dan divisi II Perserikatan pada 1987 (Divisi II Perserikatan PSSI 1987). Sementara divisi III baru diadakan pada 2005 (Divisi III Liga Indonesia 2005)…”.

Demikian. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Tinggalkan Balasan

