Stadion Bima (Cirebon)

Sebagian dari anda pasti tahu dengan Stadion Bima. Ya, siapa pun tentu tahu bahwa Stadion Bima merupakan stadion yang berada di kawasan Cirebon. Namun demikian, apakah anda juga tahu bahwa dalam pembukaan (baca: peresmian) stadion yang baru dibangun itu dimeriahkan oleh pertandingan klub divisi I Swedia, Osters?

Dalam rangka memeriahkan pembukaan Stadion Bima —ditulis juga Stadion Pertamina— pada November 1974 digelarlah pertandingan Osters (Swedia) melawan Pertamina. Hasilnya, klub asal Swedia itu menang 3-2.

Stadion Bima merupakan stadion yang dibangun oleh Pertamina. Lokasinya berada di Sunyaragi (Cirebon). Dalam sejarahnya, stadion yang menjadi homebase PSIT (Cirebon) ini pernah pula dijadikan homebase bagi klub Bintang Timur (Cirebon). Bintang Timur adalah klub Galatama asal Jakarta yang menggunakan Stadion Bima sebagai homebase-nya. Selain itu, Mataram Indocement (Yogyakarta) pun sempat pindah ke Cirebon dengan nama Mataram Indocement (divisi utama) dan Indocement (divisi I) sebelum akhirnya pindah ke Jakarta Timur (Stadion Bea Cukai).

Selain itu, Stadion Bima pun pernah menjadi tuan rumah babak play off promosi-degradasi yang mempertandingkan Persema Malang (peringkat ke-11 Divisi Utama Perserikatan 1985), Persija Jakarta Pusat (peringkat ke-12 Divisi Utama Perserikatan 1985), Persiba Balikpapan (juara Divisi I Perserikatan 1985), dan PSIM Yogyakarta (runner-up Divisi I Perserikatan 1985).

About these ads